Skip to content

Tahun 2012 Satuan Nilai BOS Akan Naik

6 March, 2011
BOS

Ilustrasi: Google Images

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan menaikkan satuan nilai Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada 2012 mendatang. Kenaikan besaran satuan nilai BOS tersebut disesuaikan dengan indeks kemahalan barang di masing-masing daerah.

“Adapun struktur anggarannya, juga akan diubah pada 2012. Sehingga, unit costnya akan mampu membiayai seluruh dana operasional sekolah yang saat ini hanya mampu meng-cover 70 persen saja, ujar Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh di Jakarta, Jumat (4/3).

Menurut Nuh, kenaikan satuan nilai BOS ini juga turut disebabkan karena anggaran pendidikan yang setiap tahun mengalami trend kenaikan, terlebih diketahui bahwa anggaran pendidikan akan naik Rp40 triliun.

Prediksi kenaikan anggaran pendidikan tersebut diperoleh berdasarkan penghitungan kenaikan anggaran sejak 2005 yang mencapai Rp78 triliun.

Lanjut Nuh, di tahun 2011 ini anggaran pendidikan Rp 148 triliunsedangkan untuk 2012 dimungkinkan akan mencapai lebih dari Rp 290 triliun. “Maka dari itu, kami akan mendiskusikan hal ini denganvKomisi X DPR RI khususnya untuk mengefektifkan anggaran yang setiap tahunnya selalu meningkat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendiknas, Suyanto turut membenarkan adanya rencana kenaikansatuan nilai BOS di tahun 2012. Akan tetapi, perbedaan unit cost masih sedang dibahas. “Rencana ini masih dibahas. Kami juga harus membicarakan hal ini dengan DPR,” jelasnya. | pikiran-rakyat

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: