Skip to content

Lebih Dari 20.000 Wisma Berkunjung ke Aceh

10 March, 2011

VBA 2011

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Hj. Rasyidah mengatakan, Aceh selama tahun 2010 telah dikunjungi oleh lebih dari 20.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan untuk tahun 2011 tentu diharapkan jumlah kunjungan tersebut lebih meningkat lagi.

“Pariwisata di Aceh merupakan sektor peningkatan ekonmi rakyat yang menjanjikan,” katanya ketika menyampaikan laporan pada rapat koordinasi Kebudayaan dan Pariwisata di Hermes Palace, Banda Aceh, Rabu (9/3).

Tingkat kunjungan wisatawan asing terus meningkat pasca rehap Rekon, tahun 2009 tercatat 18.000 wisman yang berkunjung ke Aceh, dan tahun 2010 meningkat menjadi 20.000 wisman dengan mendapat peningkatan dukungan anggaran dari pemerintah pusat selain juga dukungan dana dari APBA.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan dan Hukum Kemenbudpar Drs. Turman siagian, M.Si mengatakan, sektor pertambangan merupakan sumber daya mineral yang akan habis akibat dari pengambilan secara terus menerus, lain halnya dengan sektor pariwisata sangat memegang peranan penting karena tak akan habis.

“Dan Aceh telah memberikan kontribusi yang lebih dengan kekayaan Adat dan Budaya yang berbeda dengan daerah lain, dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

Ke depan diharapkan adanya keterpaduan untuk meningkatkan kesan wisman antara adat dan seni yang ada satu daerah dengan daerah lainnya, seperti dari Palembang, Padang, dan Aceh.

“Seperti kita ketahui, Indonesia mempunyai beberapa budaya yang sangat menarik baik kerajinan maupun seni yang dipromosikan seperti halnya Batik Keris dan produksi Film yang sudah pernah mati suri, sekarang sudah 77 judul film yang terdaftar melalui badan dunia, NESCO,” katanya.

Peningkatan dukungan anggaran secara nasional dimana tahun 2010 dana Rp1,6 triliun meningkat tahun 2011 menjadi Rp2,1 triliun dengan target Wisman 7,6 juta wisman, sementara tahun 2010 yang lalu 7,3 juta wisman.

Untuk tahun ini, penyaluran anggaran ke daerah juga lebih besar mencapai Rp351 miliar dibandingkan tahun lalu berkisar hanya Rp100 miliar.| bipnewsroom

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: