Skip to content

Sekolah Tidak Dibernarkan Pungut Biaya UN

16 March, 2011
ilustrasi

Ilustrasi: Google Images

Ujian Nasional (UN) oleh pemerintah telah disediakan anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pendidikan Nasional, untuk itu baik sekolah negeri dan swasta tidak dibenarkan untuk memungut biaya UN.

“Seluruh biaya UN, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan juga penilaiannya sudah dibiayai oleh pemerintah. Jadi tidak ada biaya untuk UN alias gratis”, ujar Sekretaris Jenderal Kemdiknas, Dodi Nandika, di Jakarta, Selasa, (15/3).

Sehingga tidak dibenarkan untuk sekolah baik itu negeri maupun swasta, baik itu guru, kepala sekolah tidak boleh memungut biaya UN, karena sudah dianggarkan dari APBN, tegas Dodi.

Menurut Dodi, apabila ada sekolah yang memungut biaya UN, atau melanggar aturan itu, maka akan ada tindakan dari pejabat yang berwenang. “Kalau sekolah ya tentu Pemda terkait yang akan menindaknya,” jelas Dodi.

Adapun jadwal pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2010/2011 tingkat SMA/MA/MA Keagamaan/SMK dan SMA LB dilaksanakan dari tanggal 18 April sampai 21 April 2011. Sedangkan pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs dan SMP LB dari 25 April sampai 28 April 2011. Khusus pelaksanaan UASBN SD/MI/SDLB pada 9 Mei sampai 11 Mei 2011. | bipnewsroom

One Comment leave one →
  1. 16 March, 2011 20:04

    Semoga hal ini ditanggapi dengan bijak oleh sekolah-sekolah yang dimaksud, sehingga tidak terjadi penyimpangan.

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: