Skip to content

Beasiswa Pemerintah Italia 2011

12 April, 2011
Italia

Ilustrasi: Google Images

Pemerintah Italia kembali menawarkan beasiswa untuk tahun akademik 2011 yang diberikan untuk menempuh pendidikan atau penelitian di institut negeri atau yang diakui secara resmi, seperti Università degli Studi, Sekolah Tinggi dan Politeknik, Sekolah Tinggi Seni dan Musik, Institut Restorasi, Sekolah Nasional Sinematografi, Pusat dan laboratorium penelitian, perpustakaan, arsip dan museum yang merupakan bagian dari studi di universitas tempat mahasiswa terdaftar.

Beasiswa ini tidak dapat diberikan untuk studi yang dilangsungkan di institusi asing (universitas, akademi, perpustakaan dan sekolah jenis apapun) walaupun berada di wilayah Italia atau pusat dan laboratorium penelitian privat yang tidak diakui.

Adapun jenis beasiswa yang ditawarkan adalah:

Kursus Bahasa Jangka Pendek (3 bulan)

Kursus ini juga diperuntukkan sebagai tahap persiapan bahasa bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di universitas di Italia

Program Sarjana (S-1)

Karena sesuai dengan UU 264/99 penerimaan mahasiswa di program sarjana akan melalui proses saringan dan disarankan agar pemohon mendaftarkan diri pada program lainnya sebagai pilihan alternatif. Hal itu agar, apabila tidak diterima pada satu program, kesempatan mempertahankan beasiswanya tidak akan hilang.

Sekolah Tinggi Seni dan Musik

Sekolah Tinggi Seni dan Musik (Akademi dan Konservatori), Sekolah Tinggi Restorasi dan Sekolah Tinggi Sinematografi.

Kursus Bahasa dan Kebudayaan Italia

Beasiswa ini diperuntukkan bagi para dosen Indonesia yang mengajar Bahasa Italia (1 atau 3 bulan) untuk mengikuti pembelajaran dan pengajaran bahasa Italia di Università per Stranieri di Perugia, Siena, dan Roma Tre atau pada institusi-institusi lain yang berhak mengeluarkan sertifikat pengajaran bahasa Italia sebagai bahasa asing (L2).

Pasca Sarjana (S-2)

Program beasiswa ini diberikan untuk mendapatkan gelar Master tingkat I dan II dengan jangka waktu minimum satu tahun akademik

Program S-3

Kriteria penerimaan pada program tersebut ditentukan oleh masing-masing universitas. Disarankan menghubungi masing-masing institusi atau mencari informasi pada situs-situs internet terkait.

Penelitian

Kandidat harus mendaftarkan diri dan mengikuti program sarjana dan/atau program pasca sarjana.

Spesialisasi

Dalam kategori kursus spesialisasi tidak termasuk jurusan kedokteran (UU 08.08.1991 n.257). Calon penerima beasiswa diharuskan untuk memiliki surat penerimaan dari institusi yang dipilih.

Bagi yang berminat, beasiswa untuk seluruh program yang sudah disebutkan di atas (kecuali yang sudah diterangkan) berdurasi 9 bulan. Periode beasiswa dimulai dari Januari 2012 dan hanya untuk tahun ajaran 2011/2012.

Adapun batas waktu pengajuan aplikasi secara online ditunggu sampai 2 Mei 2011. Bagi yang membutuhkan waktu asistensi pengisian formulir diberikan pada 18 -19 April 2011, pukul 10.00 WIB di Istituto Italiano di Cultura, Jakarta. Peserta diharapkan membawa laptop.

Informasi lengkap mengenai syarat dan skema beasiswa bisa langsung dilihat dan diunduh dihttp://www.iicjakarta.esteri.i. | kompas

 

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: