Skip to content

Sensasi Sajian Autentik Aceh

24 April, 2011
Dapoe Aceh Melayu

Dapoe Aceh Melayu

Pernah mencicipi aneka hidangan autentik Aceh di Jakarta? Jika belum, mungkin sekarang sudah saatnya Anda berkunjung ke restoran Dapoe Aceh Melayu.

Boleh jadi selama ini Anda hanya mengenal mi aceh sebagai menu autentik asal Tanah Rencong.

Padahal, masih banyak menu Aceh dengan cita rasa asli yang lain yang bisa Anda coba di Jakarta. Bisa dibilang restoran yang menyajikan hidangan autentik Aceh di Ibu Kota memang masih sangat jarang. Di antara yang jarang itu, ada Dapoe Aceh Melayu.Sebagai restoran yang mengusung masakan Aceh, Dapoe Aceh Melayu menyajikan aneka menu yang 70%-nya merupakan hidangan autentik asal Serambi Mekkah.

Terletak di Plasa Sentral, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, restoran yang memiliki arti ‘dapur Aceh’ ini menawarkan beragam sajian khas dengan cita rasa asli Aceh. ”Di Jakarta jarang ada orang yang kenal dengan restoran autentik Aceh. Itu sebabnya, kami hadirkan Dapoe Aceh Melayu untuk para pencinta kuliner Melayu, khususnya Aceh,” kata General Manager Dapoe Aceh MelayuTrias Prasetya. Menurut Trias, yang membuat restoran ini unggul yakni menunya yang punya cita rasa kuat. ”Di hampir semua menu, kami menggunakan rempah khas Aceh seperti daun temuruy dan asam sunti,” imbuhnya.

Asam sunti merupakan bumbu dapur khas Aceh yang terbuat dari belimbing wuluh yang dikeringkan, diberi garam, lalu dijemur di bawah terik matahari berkali-kali sehingga kering dan dapat disimpan lama.

Sementara daun temuruy merupakan daun kari yang cukup jarang ditemukan di Jakarta. ”Untuk memastikan cita rasa masakan di sini sesuai dengan cita rasa daerah asalnya, maka asam sunti pun didatangkan langsung dari Aceh,” ujar Trias. Dapoe Aceh Melayu menyediakan sederet menu makanan khas Aceh serta seafood khas Melayu. Sebagai menu unggulan, restoran ini memiliki spesialisasi menu mi kepiting, nila tim, ikan kayu, ayam tangkap, gulai ikan baby hiu, kari kambing, roti canai, dan menu pembuka seperti timpan serta menu penutup yang khas semisal rujak aceh.

Timpan akan selalu tersaji di meja sebagai hidangan yang ditawarkan kepada pengunjung dan dapat disantap sambil menunggu menu pesanan datang. Kudapan yang dibalut daun pisang itu terbuat dari tepung terigu yang diolah bersama pisang dan santan. Bahan tersebut kemudian diaduk-aduk sampai kenyal. Sebelum dikukus, adonan diisi dengan filling yang berbeda-beda seperti srikaya, durian, atau kelapa.

Untuk hidangan utama, restoran ini punya menu unik bernama ayam tangkap.Ayam tangkap merupakan sajian khas Aceh yang mulai populer pada 2004, semenjak bencana tsunami melanda daerah itu. Padahal, masakan tersebut sudah dikenal masyarakat Aceh sejak lama. Ayam tangkap menggunakan bahan baku daging ayam kampung yang digoreng kering. Rasanya gurih dan empuk.

Orisinalitas yang mengedepankan cita rasa autentik juga dituangkan dalam mi Aceh. Soal rasa,mi ini menyimpan cita rasa rempah yang cukup pekat seperti sereh, lengkuas, dan kayu manis. Sebagai pelengkap, Anda bisa mencoba menu tambahan berupa kepiting, udang, atau daging sapi. Hidangan penutup khas Aceh ikut dihadirkan direstoran ini. Misalnya rujak aceh yang terbuat dari mentimun,kedondong, mangga kweni, bengkuang, serta cuka. Seluruh buah dicincang dan dicampur jadi satu. Rasanya sudah pasti asam, namun tetap menyegarkan.

Untuk menu minuman, pengunjung dapat memesan es mentimun khas Aceh. Sesuai namanya,menu ini menyajikan mentimun serut yang diberi sedikitgula. Seluruh menu di Dapoe Aceh Melayu dibanderol dalam kisaran harga Rp9.000–Rp85.000.

Bagi nasabah Standard Chartered Bank, ada diskon 30% yang menanti Anda. Buat konsumen yang ingin menikmati menu buffet, di sini juga tersedia paket prasmanan seperti yang Anda mau. Dengan membayar Rp50.000, Anda boleh makan sepuasnya. Sajian buffet disediakan khusus hari Senin– Jumat pukul 11.00–15.00 WIB. | seputarindonesia

One Comment leave one →
  1. meca permalink
    23 April, 2012 22:31

    kuah plik-u peu na disinan../??????

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: