Skip to content

BMKG: Suhu di Aceh Panas

25 April, 2011
suhu
Ilustrasi : Google Images

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar memprediksi hingga sepekan ke depan suhu di atmosfer Aceh masih tetap terik, dengan kisaran antara 22-34 derajat Celcius.

Kasie Observasi dan Informasi BMKG Blang Bintang, Alvianto, melalui prakirawan Rahmad Tauladani, mengatakan, berdasarkan citra satelit, suhu di Aceh pada 23-30 April 2011 berkisar antara 22 (minimum) dan maksimum 34 derajat Celcius. Kondisi itu terjadi karena posisi Aceh di Belahan Bumi Utara (BBU) sedang dekat dengan posisi matahari. Penyebab lain, lanjut Rahmad, karena Aceh akan memasuki musim kemarau yang akan berlangsung mulai minggu kedua Mei mendatang. “Sejak tiga hari lalu dan hingga sepekan ke depan Aceh masih diselimuti cuaca terik dengan suhu tertinggi mencapai 34 derajat Celcius,” katanya.

Pada pagi hingga siang hari, cuaca di wilayah Aceh terasa menyengat. Sedangkan di malam hari udara terasa panas dan gerah dengan kelembaban mencapai 50-98 persen. “Itu disebabkan energi panas yang terjadi pada pagi-siang hari akan menguap pada malam hari,” jelasnya.

Rahmad juga menginformasikan, akibat adanya daerah tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah barat Aceh dan hangatnya suhu permukaan laut serta akibat pengaruh lokal, memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan hujan (konvektif). “Fenomena ini dari amatan kita berpotensi menimbulkan hujan ringan hingga sedang kadang lebat disertai petir dengan durasi singkat. Terkadang saat ini terjadi angin kencang dengan kecepatan 30 km/jam namun tidak berlangsung lama, sekira satu hingga dua jam,” ujarnya.

Prakiraan BMKG, keadaan cuaca seperti itu berpeluang terjadi dalam beberapa hari ke depan. Daerah-daerah yang terkena dampak akibat dari tekanan rendah dan pengaruh lokal antara lain Aceh bagian barat, selatan, tengah, dan utara. “Masyarakat diminta mewaspadai kemungkinan hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai guntur,” katanya.

Sementara itu, sepekan ke depan, tinggi gelombang di perairan Aceh dan utara-timur Aceh berkisar 0,5-1,25 meter. Sedangkan di perairan barat-selatan Aceh mencapai 0,75-1,5 meter. | waspada

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: