Skip to content

Kurang Tidur Bikin Anak Obesitas

29 May, 2011
Obesitas
Ilustrasi : ela-kadoli.blogspot.com

Anak-anak yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup secara teratur, lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, sebuah studi baru melaporkan.

Sebaliknya, ketika anak mendapat waktu tidur lebih banyak, mereka akan mengalami penurunan indeks massa tubuh (BMI) dan penurunan signifikan terhadap risiko kelebihan berat badan, ungkap para peneliti.

Penelitian juga menemukan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif pada komposisi tubuh.

Dalam melakukan studi, Rachael Taylor, peneliti di departemen nutrisi Universitas Otago di Dunedin, Selandia Baru, melakukan riset terhadap 244 anak dari usia 3 hingga 7 tahun.

Setiap enam bulan, berat, tinggi, BMI dan komposisi tubuh anak diukur. Demikian juga waktu tidur dan kebiasaan diet dicatat. Anak-anak juga mengenakan accelerometers (perangkat pemantau gerak tubuh) untuk menilai tingkat aktivitas fisik. Faktor tambahan pada mereka juga diperhitungkan, seperti berat anak saat lahir serta tingkat pendidikan dan pendapatan ibu mereka.

Studi mengungkapkan, bahwa anak-anak tidur rata-rata selama 11 jam per hari. Mereka yang kurang tidur secara konsisten, memiliki peningkatan risiko memiliki BMI lebih tinggi pada saat mereka berusia 7 tahun. Di sisi lain, anak berusia antara 3 hingga 5 tahun yang memiliki waktu lebih lama untuk tidur setiap malam, memiliki penurunan BMI 0,49 dan 61 persen penurunan pada risiko kelebihan berat badan atau obesitas pada usia 7 tahun.

Disimpulkan, bahwa tidur memainkan peran penting dalam komposisi tubuh anak-anak. Kurangnya waktu tidur secara konsisten, dapat menyebabkan anak-anak mengkonsumsi makanan lebih banyak dan malas berolahraga. Berdasarkan temuan ini, penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan tidur yang baik harus didorong terhadap anak-anak. | wartanews

One Comment leave one →
  1. 21 December, 2011 13:02

    terimakasih informasinya sangat bermanfaat
    salam kenal,

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: