Skip to content

BOS Tanggung 100% Kebutuhan Sekolah

10 June, 2011
DANA BOS

Ilustrasi : cakrawalainterprize.com

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan menaikkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hingga 100 persen agar tidak ada lagi pungutan di sekolah.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, BOS untuk tahun ini pada jenjang SD/MI Rp397 ribu per siswa per tahun sedangkan untuk siswa SMP/MTS mendapat Rp570 ribu per siswa per tahun. Untuk tahun depan akan dinaikkan menjadi Rp580 ribu untuk tingkat SD/MI dan Rp710 ribu untuk SMP/MTS.

Total dana BOS untuk tahun depan akan mencapai lebih dari Rp27 triliun. Jika dibandingkan dengan tahun ini, maka ada kenaikan sekira Rp7,814 triliun dari dana BOS tahun lalu yang sekira Rp19,8 triliun. 
Tidak hanya dananya yang ditingkatkan, namun siswa yang akan mendapatkan dana BOS juga akan naik menjadi 44.712.245 siswa. Tahun ini ada 44.290.245 siswa penerima dana BOS. “Memang belum didok (disahkan), namun sudah kami rancang untuk tahun depan,” katanya usai rapat kerja dengan Komisi X di gedung DPR, Kamis (9/6/2011).

Mendiknas menegaskan, dengan kenaikan angka tersebut, maka tahun depan BOS akan menutupi 100 persen dana operasional. Sedangkan tahun ini satuan biaya bantuan tersebut baru membantu 68,4 persen untuk SD/MI dan 80,3 persen untuk SMP/MTs dari standar biaya operasional non-personel.

M Nuh juga menjamin, dengan kenaikan itu, maka mulai Januari 2012 tidak ada lagi sekolah yang melakukan pungutan liar kepada anak muridnya.

Mantan Menkominfo ini menjelaskan, BOS dipakai untuk menunjang biaya non-personalia seperti untuk membeli alat tulis, listrik, jasa, pembinaan siswa serta uji kompetensi dan bukan untuk membiayai gaji, tunjangan guru PNS dan honorer. Oleh karena itu pula, Kemendiknas masih membatasi pembayaran gaji guru honorer sebesar 20 persen untuk sekolah negeri, sementara untuk sekolah swasta masih diperbolehkan lebih dari itu. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: