Skip to content

464 Dosen UI Riset dan Mengajar di Negeri Orang

20 June, 2011
UI
Sumber: wartakota.co.id

Universitas Indonesia (UI) berkomitmen untuk terus menjadi bagian dari World Class University.  Sebagai contoh, tahun ini 20 mahasiswa dan dosen arsitektur dari Universitas Politecnico de Milano, Itali, melakukan workshop dan riset kolaboratif dengan departemen arsitektur di Fakultas Teknik UI selama satu bulan di Indonesia.

Kerja sama lain yang akan terus dikembangkan yakni, program summer school oleh Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) yang diikuti 50-100 peserta dari berbagai negara di Asia dan Eropa untuk durasi studi 2-3 bulan di UI.

UI juga berharap dengan adanya kerjasama pendidikan dengan negara lain, jumlah konferensi internasional yang akan diselenggarakan di UI akan meningkat.

“Setiap tahunnya UI menyelenggarakan kurang lebih 50 seminar dan konferensi berskala internasional yang menghadirkan lebih dari 1.000 peserta dari Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Inggris, China, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Thailand dan sebagainya,” kata Kepala Deputi Sekretariat Pimpinan UI, Devie Rahmawati dalam rilis kepada okezone, Minggu (19/6).

Devie menambahkan, kerjasama penting lainnya yang terus dirintis oleh UI ialah melakukan diplomasi budaya di berbagai negara dengan membentuk program studi Indonesian Studies atau Indonesian Center (pusat riset) di empat negara Eropa. Melalui program studi dan pusat riset tersebut, masyarakat Jerman, Perancis, Itali dan Spanyol akan mengenal lebih jauh tentang masyarakat dan kebudayaan Indonesia.

“Kerja sama budaya ini dibuka di beberapa negara, antara lain di Inalco (Perancis), Universitas Napoli (Itali), dan Universitas Humbolt (Jerman). Pada Universitas Le Havre (Perancis), akan ditawarkan program master dengan spesialisasi Indonesia. Dalam program master ini, para peserta dari negara lain diwajibkan untuk melakukan riset di Indonesia dan menguasai bahasa Indonesia,” ujarnya.

Devie mengklaim, angka dosen UI yang akan menempuh studi di Eropa tinggi, khususnya Perancis dan Jerman. Pertemuan di 15 Universitas di Eropa, kata Devie, tidak lepas dari dukungan besar pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional dengan skema beasiswa yang luas, sehingga membuka peluang para dosen UI menempuh studi master dan doktor di luar negeri.

“Hal yang membanggakan ialah, dosen dari Indonesia, khususnya UI banyak yang merupakan dosen di Universitas di Eropa. Ada 464 dosen UI yang melakukan riset dan mengajar di universitas partner UI di negara lain,” tegasnya.

Tahun lalu, UI memiliki 149 kerja sama pendidikan internasional aktif dengan 26 negara di dunia. Kerja sama yang dirintis oleh UI ini tidak hanya diperuntukkan bagi para mahasiswa UI, tetapi juga terbuka juga bagi universitas lain di Indonesia. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: