Skip to content

Catur Aceh Ukir Sejarah

25 June, 2011
Catur Aceh
Ilustrasi : Serambi Indonesia

Dunia catur Aceh menoreh prestasi membanggakan tahun ini dengan mencatat sejarah lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau.  Pecatur Aceh Master Nasional (MN) Zulkhairi, lolos setelah bermain remis baru-baru ini.

Manajer Tim Catur Aceh, Teuku Ardiansyah, di Batam, mengatakan pencapaian tersebut merupakan sejarah pertama kali bagi Aceh dalam meloloskan pecatur ke PON. Zulkhairi lolos ke PON setelah bermain remis dengan Rudi Tamono (Sumbar). Dengan demikian, Zulkhairi berada di urutan keempat dari 20 peserta perorangan.

Menurut T Ardiansyah, keberhasilan Zulkhairi merupakan tekad awal yang telah ditetapkan oleh Percasi Aceh. “Semoga ini menjadi momentum kebangkitan catur Aceh. Kita harap ke depan pecatur Aceh tidak dipandang remeh lagi,” urai Ardiansyah.

Dalam permainan babak VIII di cabang beregu, empat pecatur Aceh dikalahkan tim catur tuan rumah. Kepri unggul 2,5 dari Aceh yang hanya mendapatkan angka 1,5. Ardiansyah mengatakan tim catur Aceh kembali menurunkan atletnya bermain di cabang catur cepat dan kilat, Sabtu ini.

Dia mengatakan, Aceh akan menurunkan Zulkhairi dan Irwandi untuk catur cepat, sedangkan Chairil akan tampil di catur kilat bersama satu atlet yang belum ditetapkan namanya. Di lain pihak, atlet sepaktakraw terpaksa menguburkan harapannya tampil di PON mendatang setelah gagal menundukkan Sumbar pada laga terakhir babak penyisihan.

Sementara itu, tim beregu catur putra Sumut dipastikan memperoleh tiket ke PON 2012 setelah menang atas Sumbar 4-0 pada di babak delapan besar. Lolosnya Sumut tidak terlepas dari peran tim Jambi yang menang atas Kepri.

Pada laga hari terakhir, posisi Sumut sebenarnya kritis sebab tuan rumah Kepri sudah mengumpulkan 6 Match Point (MP) dan Sumut baru 5,5 MP hingga babak tujuh. Artinya, Kepri hanya membutuhkan hasil remis melawan Jambi di laga terakhir. Sementara itu, Sumut wajib menang atas Sumbar.

Suasana di kubu tim Sumut pun sempat tegang. Namun situasi akhirnya mencair setelah Sukarnedi cs berhasil mengalahkan Sumbar 4-0 dan Jambi menang 2,5-1,5 dari Kepri. Hasil ini menjadikan Sumut menempati posisi kedua dengan 6,5 MP sekaligus berhak atas medali perak dan tiket PON mendampingi Sumsel (7,5 MP). | waspada

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: