Skip to content

Green Public Space and Urban Planning

29 June, 2011
Green

Ilustrasi : publictendering.com

Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan Program Pascasarjana UI pada hari Selasa (21/6) mengadakan seri seminar ilmiah dengan tema Green Public Space and Urban Planning, di Gedung Pascasarjana UI Lantai 4, Kampus UI Salembapada pukul 09.30 – 12.00 WIB dengan pembicara utama Mr. Daniel J Glenn.

Dalam acara ini hadir Jennifer, perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat yang menjelaskan biografi Mr. Daniel di awal acara. Sebagai moderator dalam acara ini Komara Djaja, SE., M.Sc., Ph. D(Kepala Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan Program Pascasarjana) yang juga memberikan pembukaan pada awal acara. Mr. Daniel J Glennadalah seorang arsitek Amerika Serikat yang diakui secara nasional dan telah berpengalaman selama 25 tahun dalam mendesain arsitektur yang ramah lingkungan untuk perumahan, baik di daerah pedesaan maupun perkotaan di Amerika Serikat. Dia merupakan kepala Glenn & Glen Architects Engineers, PLLCserta Executive Directors dari Enviromental Works, sebuah firma non-profit berbasis arsitrektur.

Dalam presentasinya, Mr. Daniel secara umum menjelaskan betapa pentingnya posisi budaya kultural masyarakat dalam menghasilkan perencanaan arsitektur yang responsif terhadap permasalahan lingkungan, terutama masalah keterbatasan ruang publik di masyarakat.

Dalam menjelaskan materi ini, Mr. Daniel banyak menceritakan pengalamannya dalam membangun kebutuhan bangunan di negaranya, mulai dari bangunan sekolah, sampai pembangunan perumahan bagi masyarakat lokal di Montana dan bagaimana bangunan yang dibangun tersebut dapat mengakomodasi kepentingan dan kebutuhan masyarakat Indian lokal yang tinggal disana.

Mr. Daniel ingin menunjukkan fakta, dengan mengadopsi bagian-bagian tertentu dari adat kebudayaan masyarakat setempat, serta melakukan kerjasama yang terintegrasi dengan masyarakat setempat, suatu pembangunan arsitektur dalam ranah lokal tidak harus selalu berbeturan dengan kebudayaan asli dan mengundang perlawanan sekaligus dapat berfungsi sebagai bangunan yang ramah lingkungan. | UI News

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: