Skip to content

UI Janjikan Biaya Operasional Pendidikan Murah

5 July, 2011
Kampus UI

Sumber: tribunnews.com

Universitas Indonesia (UI) berjanji akan terus mempertahankan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) berkeadilan kepada para mahasiswa.

Hal ini guna menerapkan sistem subsidi silang bagi mahasiswa miskin dengan biaya pendidikan dari si kaya.

Saat meninjau pelaksanaan Seleksi Masuk (SIMAK) UI kemarin, Rektor Gumilar R Somantri kembali melemparkan komitmen tersebut dan menjamin seluruh calon mahasiswa yang lolos tes masuk UI tidak akan terkendala hanya karena masalah biaya.

Bagi Gumilar, biaya tidak akan menghalangi seseorang untuk mengenyam pendidikan. “Kami akan lakukan apapun demi kemajuan bangsa dan negara. Sampai kapanpun bagi anak pandai dan terbatas secara ekonomi akan kami bantu. Kalau betul-betul lolos, tidak ada alasan pada saat daftar ulang dibatalkan hanya karena tidak punya biaya. Pasti langsung kami jemput anak itu,” katanya kepada wartawan Minggu (3/7/2011).

Gumilar menambahkan UI selalu rutin memberikan beasiswa bagi mahasiswa pintar dan tiak mampu. Setiap tahun UI mengalokasikan dana Rp20 miliar bagi mereka. “Tak hanya dari UI, ada juga dari kalangan industri, mereka kalau ditotal jumlahnya lebih dari Rp16 miliar untuk program beasiswa,” jelasnya.

Sedikitnya terdapat tiga cara untuk dapat memperoleh tiket masuk kuliah di UI, yakni sistem jalur undangan, Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri (PTN), serta SIMAK UI. Dari seluruh jalur tersebut, UI hanya menerima 4.500 mahasiswa terbaik setiap tahun. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: