Skip to content

Otto Syamsuddin Raih Gelar Doktor Sosiologi UI

8 July, 2011

Otto

Otto Nur Abdullah atau yang lebih akrab disapa dengan Otto Syamsuddin Ishak akhirnya berhasil meraih gelar doktor dalam bidang ilmu sosiologi dengan yudisium sangat memuaskan, setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji dalam sidang promosi doktor di Gedung AJB Bumiputera, Depok, Rabu (6/7) siang.

Sidang yang dipimpin oleh Edy Prasetyono, MIS, PhD ini, juga menghadirkan tim penguji yang terdiri dari lima orang, Dr. Riwanto Tirtosudiro, Dr. Ir. Sudarsono Hardjosoekarto MA, Dr. Linta Darmajanti MT, Lugina Setyawati PhD, dan Dr. Iwan Gardono Sujatmiko yang bertindak sebagai co-promotor serta Prof. Kamanto Sunarto SH, PhD yang menjadi promotor.

Otto yang mengangkat judul disertasi “Aceh Pasca Konflik: Arena Konstestasi 3 Varian Nasionalisme” mengupas dinamika Aceh pasca konflik yang salah satunya dipengaruhi oleh tercapainya kesepahaman antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Republik Indonesia (RI) pada 15 Agustus 2005 yang lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Otto juga sempat disanggahi oleh beberapa penguji tentang ada tidaknya intelektual, baik di Aceh atau di Indonesia ini yang mampu membuat nasionalisme di Aceh kembali seperti konsep yang “suci”, melihat pengaruh nasionalisme di Aceh telah melahirkan tiga varian yang berimplikasi pada kebijakan nasional.

Adapun tiga varian, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Otto Syamsuddin ini disebutkan menjadi model transformasi varian nasionalisme, yakni keislaman, keacehan serta keindonesiaan, sehingga dengan mempertimbangkan hasil studi kasus tersebut setidak-tidaknya ada sebuah supra-etnonasionalisme di Indonesia, seperti tulis Otto dalam ringkasan disertasinya.

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: