Skip to content

BPK Usul Biaya Masuk PTN Dihapus

14 July, 2011
BPK RI

Ilustrasi : liputan-kota.com

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengusulkan pemerintah menghapuskan biaya masuk perguruan Tinggi Negeri (PTN), karena dinilai terlalu memberatkan bagi masyarakat kurang mampu.

Anggota VI BPK Rizal Jalil mengungkapkan, akan lebih baik apabila biaya masuk PTN dialihkan pada negara. “Sebaiknya itu ditalangi saja oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga bisa masuk ke PTN tanpa biaya besar,” ungkapnya di kantor BPK, Slipi, Jakarta, Rabu (13/7/2011).

Rizal menjelaskan, berdasarkan peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005, terdapat 20 Badan Layanan Umum (BLU) PTN dan diperbolehkan memperoleh pendapatan dari jasa layanan kepada masyarakat, atau makismal 30 persen dari biaya operasional perguruan tinggi.

Menurut dia, dengan adanya pungutan biaya masuk pada PTN, maka akan terjadi gap pada masyarakat. “Biaya pendidikan universitas seperti diperuntukan bagi orang-orang mampu saja,” tutur dia.

“Ini kan kewajiban negara terhadap warganya, tidak bisa orang kaya saja yang memperoleh pendidikan bagus. Bagi mereka yang kurang mampu, tapi sudah diterima di PTN, kita usahakan pemberian beasiswa,” tambah dia.

Selain itu, BPK juga mencatat adanya bantuan sosial yang tidak tersalurkan, seperti beasiswa. “BPK sekarang ini sangat concern dengan hak-hak rakyat tersebut,” tegas dia.

Namun demikian, dia mengatakan, BPK hanya bertugas untuk memeriksa saja. “Keputusan politik diserahkan ke pemerintah, DPR, dan alat kelengkapannya,” tutup Rijal. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: