Skip to content

BAZNAS Serahkan 220 Beasiswa SKSS

17 July, 2011
Foto

Sumber foto : kabarindonesia.com

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan kerjasama dengan 22 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) dalam rangka program beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS), yang penandatanganan kerjasamanya dilakukan di Auditorium Kementerian Agama Islam hari Rabu (13/7).

Beasiswa SKSS merupakan program penyaluran dari BAZNAS untuk dunia pendidikan dalam rangka mewujudkan Indonesia pintar. Setelah dilakukan dengan sepuluh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun 2009, BAZNAS memperluas lagi penyalurannya untuk 22 PTAIN yang tersebar di seluruh Indonesia. Hadir dalam acara tersebut semua Rektor atau Ketua dari masing-masing Perguruan Tinggi.

Ke-22 PTAIN tersebut merupakan pilihan yang terbagi ke dalam beberapa regional, yaitu: Regional Sumatera UIN Sultan Syarif Qasim Pekanbaru, IAIN Ar Raniry Banda Aceh, IAIN Sultan Thaha Saifudin Jambi, IAIN Raden Fatah, Palembang, STAIN Curup Bengkulu, dan IAIN Imam Bonjol, Padang. Regional Jawa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Wali Songo Semarang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, IAIN Sunan Ampel Surabaya, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Regional Kalimantan STAIN Pontianak, IAIN Antasari Banjarmasin, STAIN Sultan Sulaiman Samarinda dan STAIN Palangkaraya. Regional Sulawesi UIN Alauddin Makassar, IAIN Sultan Amai Gorontalo, dan STAIN Manado.Regional NTB IAIN Mataram Lombok NTB. Regional Maluku IAIN Ambon. Regional Papua STAIN Sorong.

Menurut ketua umum BAZNAS, Prof DR. KH. Didin Hafidhuddin, tanggung jawab untuk permasalahan zakat bukan tanggung jawab BAZNAS semata. Dengan adanya penyaluran beasiswa dari dana zakat diharapkan dapat menjadi perhatian dari PTAIN terhadap masalah ini, mengingat potensi zakat yang sangat besar dan nyata penyalurannya untuk penentasan kemiskinan.

Sedangkan menurut Sekertaris Jenderal Kementerian Agama Islam, Bahrul Hayat Ph.D, yang hadir pada kesempatan tersebut mengungkapkan, upaya yang dilakukan BAZNAS merupakan hal yang sangat positif bagi kemajuan dunia pendidikan, khususnya PTAIN.

BAZNAS memberikan uang SPP dan biaya hidup bulanan bagi mereka yang terpilih melalui seleksi dari pihak kampus dan sesuai dengan kriteria BAZNAS. Di tahun pertama ini, BAZNAS memberikan kuota sepuluh Mahasiswa dari satu perguruan tinggi. Sehingga total penerima manfaat program SKSS di 22 PTAIN berjumlah 220 mahasiswa dengan total anggaran Rp 1.634.000.000.

Menurut Direktur Pelaksana BAZNAS Teten Kustiawan, kriteria utama untuk beasiswa SKSS adalah belum adanya sarjana dalam keluarga tersebut. Syarat ini diambil mengingat berartinya seorang sarjana dalam sebuah keluarga.

“Peluang bekerja bagi sarjana lebih besar, sehingga diharapkan dapat mengangkat derajat keluarganya,” ungkapnya. | kabarindonesia

4 Comments leave one →
  1. muharrahman permalink
    27 July, 2011 15:00

    slm….
    wah itu sangat poitif….
    mudah2n tahun depan lebih banyak lagi….
    oyea,,kira2 gmn ya syarat2 atau kriteria calon penerima beasiswam itu…???
    mhon jawabannya

    • 27 July, 2011 21:56

      mungkin bisa langsung buka di situs http://www.baznas.or.id

  2. 20 October, 2011 09:44

    afwan ustad ,kapan ya pengumumanya para peserta yang lolos seleksi ini ?

  3. 25 May, 2012 15:24

    Kapan ya keluarnya beasiswa basznas lagi?

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: