Skip to content

UI Juara Debat ESL Australasian Intervarsity Debating Championship

17 July, 2011
Foto

Sumber foto : koreaaustrals2011.com

Universitas Indonesia berhasil menjuarai kategori English as second language (ESL), dalam the Australasian Intervarsity Debating Championship di Korea Selatan.

Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, menuturkan UI berhasil mengalahkan Universitas Hong Kong di final kompetisi debat kedua terbesar di dunia itu.

Mahasiswa UI yang terdiri dari Riza Aryani (FISIP), Dimas Hokka Soebekti (Fak.Teknik), dan Muhammad Subarkah Syafruddin (Fak. Hukum), membahas topik pergerakan tenaga kerja di Asia Tenggara dalam final kompetisi debat internasional ini.

The Australasian adalah kompetisi debat kedua terbesar di dunia, dengan peserta dari seluruh benua Asia dan Oceania. Semua tim harus mengikuti delapan ronde awal sebelum dapat melaju ke babak lanjutan umum atau ESL.

“Belum ada tim Asia yang pernah menjuarai kategori umum pada turnamen prestisius ini, dan belum pernah ada tim Indonesia yang menjuarai kategori ESL dari the Australasians selain UI. Kategori ESL adalah khusus diikuti oleh tim-tim debat dari negara-negara yang tidak memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama,” kata Vishnu dalam surat elektroniknya hari ini.

Dia menuturkan selain UI, dua tim Indonesia lainnya yang ikut berkompetisi adalah Universitas Bina Nusantara, dan Institut Teknologi Bandung.

Di babak awal, katanya, UI menang empat kali dari delapan pertandingan, dan mengikuti perempat final ESL bersama 8 tim ESL terbaik. Dalam babak pendahuluan, UI mengalahkan Universitas Malaya, dan International Christian University dari Jepang.

Di kategori umum, gelar juara diraih oleh Victoria University of Wellington dari Selandia Baru, yang juga merupakan juara tahun lalu.

“Komunitas Debat Bahasa Inggris UI merupakan organisasi debat bahasa Inggris paling sukses di Indonesia. Organisasi ini kerap menjadi juara nasional, dan menorehkan prestasi di tingkat internasional,” ungkapnya. | bisnis

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: