Skip to content

Kampus UI Kian Mempercantik Diri

15 August, 2011

UIUniversitas Indonesia masih menjadi universitas yang menjadi kebanggaan para pelajar dan orangtua di Indonesia. Menyadari akan hal itu, kini UI pun kian dipercantik dengan membangun sejumlah gedung penunjang fasilitas mahasiswa.

“Kita memang memfokuskan pembangunan fisik,” kata Rektor Universitas Indonesia, Prof. Gumilar R Sumantri membuka pembicaraan saat berbuka puasa bersama wartawan di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis 11 Agustus kemarin.

Menurut Gumilar, pembangunan fisik, biasanya lebih terlihat secara kasat mata dibandingkan pembangunan non fisik, meski hal itu juga penting. Gumilar mencatat, saat ini kampus yang terletak di kawasan seluas lebih dari 320 hektar ini sudah akan dibangun sekira 35 gedung baru yang semakin meningkatkan citra UI tak hanya nasional namun juga internasional.

“Tapi kita tak hanya asal membangun gedung. Kita membangun gedung yang mengundang prestise dari masyarakat,” tambah Gumilar.

Sebagai bukti, sejumlah gedung prestise sudah berdiri kokoh di kompleks UI, Gumilar menyebut pusat perpustakaan UI yang luasnya mencapai 3,3 hektare dan memiliki daftar judul buku sebanyak 2,5 juta pada tahun ini. “Kita targetkan lima tahun ke depan akan bertambah menjadi 5 juta judul buku,” terang Gumilar.

Tak hanya perpustakaan terbesar di Asia Tenggara ini, UI juga akan membangun pusat seni dan kebudayaan mahasiswa dan sejumlah fasilitas olahraga dalam komplek gymnasium bertaraf olimpiade hingga laboratorium dengan bidang spesifik. Di sana juga ada kolam renang dan lapangan sepakbola sintetis.

Pantas jika masuk UI mahal. Mungkin orang akan beranggapan seperti itu ketika melihat menterengnya fasilitas di atas. Tapi, Gumilar menjamin, pihaknya tidak akan melakukan komersialisasi pendidikan. Bahkan, bagi murid berprestasi yang tidak mampu, UI membantu melalui program beasiswa yang totalnya mencapai Rp35 miliar.

“Kita pastikan tidak ada komersialisasi pendidikan,” tegas pria asal Tasikmalaya ini.

Ditargetkan, pada 2013 mendatang, perbaikan gedung UI merembet untuk Fakultas Kedokteran yang berada di Salemba, Jakarta Pusat. Dengan demikian berharap UI bisa semakin naik baik peringkat maupun fasilitas penunjang mahasiswa dan dosen. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: