Skip to content

Pelajar Aceh Diajak Peduli Budaya

25 September, 2011
Tarian

ilustrasi/rnw.nl

Objek wisata tua di Banda Aceh ternyata masih belum ramai di kunjungi oleh para turis yang datang ke Kota Banda Aceh. Padahal situs wisata sejarah seperti Gunongan, Makam Syiah Kuala, Pinto Khob termasuk dalam paket wisata yang ditawarkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh (Disbudpar Banda Aceh).

“Dalam paket wisata yang kita tawarkan ada namanya Banda Aceh Heritage. Banda Aceh adalah salah satu kota tua yang punya sejarah yang cukup banyak. Selama ini ada orang Malaysia, ke makam Syiah Kuala, karena memang ada historis dengan Malaysia,” terang Kepala Disbudpar Banda Aceh, Raza Fahlevi, hari ini.

Reza mengatakan bahwa pihaknya akan membuat masyarakat kota Banda Aceh untuk lebih tertarik dengan situs-situs sejarahnya. “Kita akan mengajak pelajar sendiri, bukan hanya turis tapi juga kita! Kita akan mendatangi pelajar untuk mengunjungi beberapa tempat dan memperkenalkan sejarahnya pada mereka,” jelasnya.

Situs-situs wisata sejarah di Banda Aceh ternyata tidak semuanya ditangani oleh Pemerintah Kota. “Ada beberapa yang dikelola oleh Badan Pemeliharaan Purbakala, seperti Gunongan, benteng-benteng tua di kawasan Aceh besar, makam-makam sejarah di gampong Pande. Kita berkoordinasi dengan pihak tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa masih banyak kekurangan di beberapa titik. Tapi pihaknya akan mencoba menangani secara bersama dan bertahap. Reza mencontohkan tower PDAM lama yang telah direnovasi. “Pemeliharaan situs sejarah tidak sama seperti pemeliharaan situs lain, ada kajiannya. Harus ada ahli arkeologi yang punya keahlian khusus untuk menangani itu,” katanya. | waspada

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: