Skip to content

Harus Ada Kesepahaman Soal Wajib Belajar 12 Tahun

1 October, 2011
Kompas Ilustrasi

Ilustrasi: Kompas.com

Rencana pemerintah untuk mulai merintis program wajib belajar 12 tahun terus mendapat berbagai tanggapan. Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Hetifah Sjaifudian mengatakan, tak ada alasan negara tidak bisa merealisasikan wajib belajar (wajar) 12 tahun. Menurutnya, rintisan wajib belajar 12 tahun merupakan kerja kolektif antara Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), DPR RI, dan mitra-mitra lainnya.

Hetifah menjelaskan, ada beberapa hal yang harus menjadi fokus utama Kemdiknas untuk merealisasikan rintisan wajib belajar 12 tahun. Pertama adalah mengenai makna dari wajib belajar 12 tahun itu sendiri. Ia menilai, harus ada kesepahaman mengenai arti dari program wajib belajar 12 tahun.

“Harus ada kesepahaman mengenai itu. Apakah pendidikan gratis atau seperti apa,” kata Hetifah saat ditemui Kompas.com, di Jakarta, Jumat (30/9/2011).

Ia melanjutkan, fokus selanjutnya adalah mengenai instrumen apa yang akan digunakan untuk merealisasikan wajib belajar 12 tahun, apakah dengan memberikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Dana Alokasi Khusus (DAK) atau beasiswa.

Seperti diberitakan, untuk merintis wajib belajar 12 tahun, mulai tahun depan Kemdiknas akan menggelontorkan dana BOS untuk pendidikan menengah (SMA/SMK).

Oleh karena itu, Hetifah beranggapan perlu adanya sebuah sistem monitoring yang andal. Ia berharap, nantinya sistem itulah yang dapat digunakan untuk mengatasi banyaknya persoalan terkait tatakelola anggaran, khususnya dalam proses penyalurannya.

“Harus ada tim yang merespon pengaduan masyarakat. Isu tatakelola ini menjadi sangat penting, karena saya menduga hanya 40 persen yang efektif, jika sistem penyalurannya tidak diperbaiki maka akan banyak yang mubazir,” ujarnya. | kompas

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: