Skip to content

KBA Telah Kirim 1.277 Mahasiswa Aceh ke Luar Negeri

4 October, 2011
Ilustrasi

ilustrasi

Pemerintah Aceh melalui Komisi Beasiswa Aceh (KBA) selama empat tahun terakhir telah mengirim sebanyak 1.277 mahasiswa untuk belajar ke sejumlah perguruan tinggi di luar negeri. Hal itu dikatakan Koordinator Lembaga Sumber Daya Manusia (LPSDM) Aceh Dr Qismullah, Selasa (4/10/2011), di Banda Aceh.

Para mahasiswa tersebut dibiayai untuk menempuh pendidikan jenjang program master (S2) dan doktor (S3). Seusai menjalani pendidikan, para mahasiswa itu harus kembali ke Aceh.

“Sesuai dengan kontrak, setelah belajar di sana mahasiswa harus kembali untuk membangun Aceh,” kata Qismullah.

Ia menambahkan, mahasiswa yang dikirim ke luar negeri menjalani seleksi ketat. Tujuannya, mahasiswa yang menuntut ilmu disana bisa mengimplementasikan untuk membangun Aceh. Para mahasiwa itu disebar ke 16 negara.

“Setiap tahun, permohonan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri meningkat drastis. Tapi, kendala yang dihadapi rata-rata mahasiswa kita kurang paham dengan bahasa,” ujar dia.

Program ini, tambah Qismullah, tidak hanya mengirimkan para mahasiswa ke luar negeri, tetapu juga ke sejumlah universitas di dalam negeri. Total mahasiswa yang belajar di dalam negeri sebanyak 423 orang yang tersebar di 30 universitas di Indonesia.

Para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini diharapkan bisa mengimplementasikannya sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat Aceh. | kompas

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: