Skip to content

Oxford Student Scholarships, Mau?

5 October, 2011

Dibuka kesempatan bagi yang ingin meneruskan pendidikan jenjang S-1 melalui program beasiswa “Reach Oxford”, atau sebelumnya dikenal dengan “Oxford Student Scholarships”. Beasiswa ini diberikan untuk pelajar dari negara berkembang yang karena alasan politis atau keuangan, atau karena fasilitas pendidikan yang tidak memadai, tidak bisa melanjutkan pendidikan di negaranya.

Warga negara mana saja yang mempunyai kesempatan untuk mengajukan aplikasi beasiswa ini? Puluhan negara berkembang, dan Indonesia salah satunya. Berminat?

Bagi yang berminat, semua program studi bisa diajukan, kecuali Kedokteran. Nah, di universitas mana saja bisa menempuh pendidikan, informasi itu akan dikonfirmasi lebih lanjut. Peluang besar terutama bagi kandidat dengan kemampuan akademik istimewa dengan hasil yang luar biasa. Bagaimanapun komitmen sosial juga menjadi kriteria penting dalam proses seleksi.

Apa saja yang di-cover? Di antaranya, untuk durasi pendidikan 3 hingga 4 tahun, biaya perkuliahan, biaya hidup, dan tiket pulang-pergi ke setiap tahun. Jumlah besaran biaya yang ditanggung akan diinformasikan kemudian. Bagaimana cara mengajukan aplikasi? Anda harus membuat aplikasi ke universitas melalui UCAS pada 15 Oktober 2011 dan harus sukses mendapatkan tempat studi. Anda kemudian harus melengkapi formulir aplikasi secara terpisah.

Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab dalam mendukung pernyataan yang akan dituangkan dalam formulir aplikasi, yaitu:

  1. Mengapa Anda mengajukan aplikasi untuk beasiswa ini dan apa pengaruhnya terhadap karier di masa depan?
  2. Bagaimana Anda menerapkan pendidikan yang Anda terima di Oxford agar memberikan manfaat bagi komunitas atau masyarakat?

Formulir aplikasi akan tersedia untuk diunduh pada Januari 2012. Pengajuan aplikasi ditutup pada 24 Februari 2012 dan kandidat yang lolos akan diberitahukan pada Mei 2012. Namun, tak ada salahnya mempersiapkan segala persyaratannya sejak sekarang!

Informasi lainnya, setiap penerima beasiswa diharapkan akan menuliskan laporan tahunan mengenai kegiatan akademik dan sosial, serta pencapaian di universitanya.

Untuk informasi lebih jauh, silakan mengakses melalui situs web http://www.ox.ac.uk.  | Sumber: Beasiswa Indonesia

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: