Skip to content

Tampung Atlet Anggar, UI Terus Dibenahi

9 October, 2011

Satu bulan menjelang pelaksanaan perhelatan olahraga ajang SEA Games, Universitas Indonesia (UI) terus berbenah. Meski perbaikan belum selesai, tapi pertengahan bulan Oktober ini akan dilakukan pengenalan venue anggar di Gedung Balairung Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Direktur Direktorat Umum dan Fasilitas UI Depok, Donanta Dhaneswara mengatakan menjelang pengenalan venue anggar tersebut, semua pekerjaan di dalam dan di luar gedung diharapkan sudah selesai. Salah satunya perbaikan di Wisma Makara UI dan asrama untuk menampung para atlet anggar.

“Khusus pekerjaan yang dilakukan pihak UI, saat ini sudah semua selesai. Tinggal pembenahan sejumlah kamar penginapan Wisma Makara dan asrama mahasiswa yang akan dipakai atlet serta offsial,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (09/10/11).

Menurut Donanta setelah panitia internasional SEA Games menyatakan Gedung Balairung UI layak menjadi venue cabang anggar, maka melalui dana UI lewat APBN langsung dilakukan renovasi seperti pengecatan gedung, asrama dan perbaikan lampu. Total dana APBN lewat UI menghabiskan anggaran senilai Rp 20 miliar.

“Pekerjaan renovasi dan persiapan berbagai fasilitas cabang anggar, dilakukan UI dan KONI. Persiapan yang dilakukan oleh KONI, saat ini masih berjalan namun kami tidak mengetahui jumlah anggaran yang disiapkan,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah cabang olahraga anggar, kata dia, UI menyiapkan sejumlah fasilitas seperti Gedung Balairung, asrama mahasiswa, Wisma Makara dan bus berukuran besar. “Kapasitas asrama dan kamar penginapan Wisma Makara bisa menampung sebanyak 1.200 atlet dan offisial,” paparnya.

Selain itu, apabila nanti ada sejumlah atlet maupun offisial memilih menginap di luar Kampus UI, pihak tuan rumah telah mengeluarkan rekomendasi hotel untuk memakai sejumlah kamar Hotel Bumi Wiyata Depok yang tidak jauh dari arena pertandingan.

“Kami juga telah menyiapkan tenaga pengamanan dalam, baik di Balairung, asrama dan Wisma Makara. Kalau pun nanti ada tambahan tenaga pengamanan, kami akan lakukan kordinasi,” tambah Donanta.

Sementara itu, Rektor UI Gumilar R Somantri mengatakan untuk mempersiapkan seluruhnya telah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk merenovasi gedung Balairung UI yang akan dipakai sebagai arena bertanding. Dia menjamin, kejuaraan anggar pada SEA Games nanti, tidak akan mengganggu jadwal akademik.

“Dari diakreditasi, ternyata Balairung UI tak kalah kualitasnya dengan stadion anggar di China, dan tidak akan mengganggu kegiatan akademik,” tandas Gumilar. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: