Skip to content

Tiongkok Buka Kesempatan Magang buat Mahasiswa Indonesia

24 October, 2011
Ilustrasi

ilustasi: ranggiwirasakti.blogspot.com

Tiongkok memberi kesempatan mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negara itu untuk magang di perusahaan-perusahaan terkemuka yang beroperasi di negeri tersebut.

Direktur Beijing Language & Culture Institute (BLCI), Samuel Wiyono, di Jakarta, Senin (24/10) mengatakan, sejumlah perguruan tinggi terkemuka Tiongkok memberikan kesempatan praktek kerja (magang) ke perusahaan terkemuka di negara tersebut, misalnya pabrik mobil BMW.

Ia mengatakan belum lama ini mahasiswa Indonesia yang kuliah di Shenyang Aerospace University (SAU), Tiongkok, dan berangkat melalui BLCI Mangga Dua Square Jakarta, mengunjungi pabrik pembuatan mobil, BMW Billian Automotive Ltd, dan pabrik pesawat terbang Shenyang AIrcraft Cooperation (SAC) di Kota Shenyang ibukota provinsi Liaoning, Tiongkok.

“Kedua pabrik tersebut merupakan salah satu tempat mahasiswa SAU untuk magang, termasuk bagi mahasiswa Indonesia,” ujarnya di sela-sela pemaparan rencana Pameran Pendidikan Tiongkok ke-13, di Mangga Dua Square, Jakarta.

Samuel mengatakan SAU yg merupakan universitas milik pemerintah yang berdiri sejak 1952 di Shenyang, yang membuka jurusan multidisiplin ilmu. Selain kesempatan magang, lanjut dia, SAU juga menawarkan uang kuliah yang terjangkau. “Misalnya uang kuliah gelar S1 dengan menggunakan pengantar Bahasa Inggris hanya berkisar Rp 23 jutaan/tahun,” katanya.

Ia mengatakan sebagian besar mahasiswa Indonesia yang mengambil program S1 dengan menggunakan pengantar Bahasa Inggris, dengan mengambil jurusan “international trade economics,” “mechatronics,” “telecommunication engineering,” dan “eronautics,” “Jadi mahasiswa Indonesia yg belum menguasai Bahasa Mandarin dapat langsung kuliah program gelar S1, tanpa harus belajar Mandarin dahulu. Namun mereka juga akan mendapatkan pelajaran Mandarin dalam kurikulumnya,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Samuel, waktu kuliah lebih singkat dan biaya lebih hemat. Manfaatnya, lanjut dia, mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di Tiongkok bisa menguasai Bahasa Inggris dan Mandarin, sehingga lulusannya berkaliber internasional.

Selain SAU, pada pameran pendidikan “13th Tiongkok Education Fair”, ikut juga perguruan tinggi terkemuka di Tiongkok yang menawarkan program magang. Pameran itu akan di selenggarakan di Jakarta pada 5-6 November di Mangga Dua Square, dan Hotel Horison Semarang pada 9-10 November, serta Hotel Tunjungan di Surabaya pada 12-13 November.

“SAU menawarkan gratis biaya aplikasi dan beasiswa berupa biaya asrama bagi mahasiswa yang belajar bahasa Mandarin, yang pendaftar pada saat pameran,” kata Samuel | suarapembaruan

One Comment leave one →
  1. 14 December, 2011 12:36

    berita bagus buat para mahasiswa agar dalam beradaptasi denga dunia kerja. btw, syaratnya apa saja dan info detailnya bisa didapat dimana?

    salam
    pengusaha obat herbal

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: