Skip to content

Cerita Dibalik Penyelenggaraan SEA GAMES 2011

16 November, 2011
SEA Games cabang anggar

Pertandingan Olahraga Anggar-SEA Games di UI/Foto: depok.go.id

Sebuah prestasi kampus Unversitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah penyelenggara salah satu cabang dalam SEA GAMES ke-26. Namun, di balik suksesnya UI menjadi penyelenggara pertandingan SEA GAMES cabang anggar, terdapat proses yang cukup menarik.

Mengenai bagaimana UI bisa menjadi tuan rumah, Kepala Pelayanan Fasilitas Umum Toebagus Lutfi S.S., M.Hum menjelaskan. Prosesnya bermula saat Balairung dijadikan venue untuk cabang yang sama dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pada Juli 2011. Untuk Kejurnas, UI mendapat dana hibah dari KONI untuk merapikan Balairung dalam rangka persiapan venue anggar.

“Setelah itu datanglah INASOC (panitia penyelenggara SEA GAMES ke-26) tanggal 27-28 Juli 2011 untuk melihat-lihat apakah Balairung dapat dijadikan venue untuk SEA GAMES cabang anggar. Hasil asesmen menyatakan Balairung bisa digunakan untuk venue,” ungkap Lutfi.

Lutfi menambahkan, “Hal ini juga sejalan dengan pandangan Rektor, Balairung jangan hanya dipakai untuk wisuda. Balairung bisa lebih dimaksimalkan penggunaannya, misalnya untuk pagelaran seni dan olah raga, juga untuk menggelar even lain yang dapat bermanfaat. Prof. Dr. der Soz Gumilar Rusliwa Somantri berinisiatif menghubungi pihak penyelenggara SEA GAMES, menawarkan pengunaan Balairung.”

Sebagai tuan rumah, UI dilibatkan dalam persiapan penyelenggaraan SEA GAMES cabang anggar. “UI membantu dalam segi persiapan lapangan dengan memberi saran dalam penyesuaian bentuk venue yang dirancang panitia dengan kondisi Balairung. Kita juga membantu dari segi keamanan dan kebersihan,” Lutfi menjelaskan.

Penggunaan Balairung untuk venue anggar pada SEA GAMES ini tidak dikenakan biaya. “Kami hanya membebankan biaya dari segi keamanan dan kebersihan karena dalam hal ini kita menggunakan SDM yang cukup banyak. Masa yang kerja nggak dibayar,” tutur Lutfi. Ke depan, diharapkan semakin banyak acara yang dilaksanakan di UI, khususnya di Balairung. | uinews

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: