Skip to content

UI Terpilih Menjadi Kampus Terhijau di Indonesia

15 December, 2011

Kampus UI

Universitas Indonesia (UI) terpilih menjadi kampus terhijau di Indonesia yang memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup di perguruan tinggi tersebut. “UI menduduki peringkat ke-22 (skor 7,124.39) dunia dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi asal Indonesia yang berada dalam 30 besar dunia ‘UI Green Metric of World Universitites 2011’,” kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di Perpustakaan UI Depok, Rabu (14/12).

Menurut dia, berdasarkan hasil korespondensi dan survei serta pemeringkatan langsung yang dilakukan secara “online”, terpilih 178 universitas dari 42 negara di dunia yang memenuhi standar penilaian tim UI Green Metric. Selain UI, perguruan tinggi yang masuk daftar 100 besar kampus terhijau dunia adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) peringkat 40 dunia, Institut Teknologi Bandung (49), Institut Sepuluh November (55), Universitas Gunadarma (90), Universitas Lampung (98), Universitas Surabaya (99) dan Universitas Bengkulu (100).

Gumilar mengatakan, UI Green Metric adalah salah satu ikon kebanggaan UI, karena telah menarik ratusan perguruan tinggi di dunia dengan menjadikan UI Green Metric sebagai referensi mereka dalam mengembangkan infrastruktur kampus yang ramah lingkungan. Dikatakannya, standar yang digunakan UI menjadi standar yang dapat diterima untuk diterapkan sebagai indikator pengukuran tidak hanya oleh perguruan tinggi ternama di negara maju, tetapi juga di negara berkembang, bahkan perguruan tinggi di daerah rawan seperti Palestina.

Ia berharap hasil pemeringkatan UI Green Metric dapat menjadi salah satu motor penggerak peningkatan kesadaran pentingnya menerapkan cara-cara terbaru untuk hemat energi, penggunaan air yang bijaksana, pengolahan limbah yang terencana dan sistem transportasi yang ramah lingkungan.

Mantan Dekan FISIP UI menjelaskan, UI Green Metric Ranking merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional dan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen pada pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan, pendidikan dan penelitian lingkungan dan keberlanjutan.

Sebagai perguruan tinggi yang menjadi trend setter dalam pemeringkatan dibidang keberlanjutan dan lingkungan hidup, saat ini, UI GreenMetric sudah dapat disejajarkan dengan Shanghai Jiao Tong University yang kini menjadi lembaga pemeringkatan dunia berbasis pencapaian akademik dan Webometrics yang telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjadikan masyarakat kampus menjadi model contoh bagi masyarakat lingkungannya. | antara

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: