Skip to content

PT Diminta Pelihara Kultur Penelitian

24 December, 2011

Kultur penelitian penting bagi perguruan tinggi karena berisi nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh institusi pendidikan itu. Hal itu dikatakan mantan Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo.

“Nilai-nilai itu menjadi roh dari darma penelitian,” kata Bambang pada forum ilmiah nasional Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (24/12).

Menurut dia, nilai-nilai tersebut terbudayakan dan terakumulasi secara evolusioner mengikuti dinamika pembudayaan nilai-nilai yang terjadi sepanjang sejarah perguruan tinggi yang bersangkutan.

“Perguruan tinggi riset yang hidup dan dinamis akan selalu memperkaya dan memperdalam kandungan nilai-nilai luhur tersebut. Karena itu, kandungan nilai yang secara riil ada dalam kultur bervariasi antarperguruan tinggi,” katanya.

Ia mengatakan, nilai-nilai luhur tersebut jika berhasil diinternalisasikan dengan baik oleh sivitas akademika perguruan tinggi akan berfungsi sebagai mekanisme pengendali perilaku mereka yang mengarahkan dan mensinergikan seluruh upaya menuju perguruan tinggi berkeunggulan riset.

Mekanisme pengendaalian perilaku itu berjalan dengan sendirinya dalam diri setiap insan sivitas akademika tanpa mereka merasa dipaksa dan tidak ada resistensi dari mereka. Mereka berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur tersebut dengan ikhlas.

“Jika ditumbuhkan dan dipupuk dengan baik, nilai-nilai tersebut akan menjadi sumber keunggulan kompetitif riset,” kata Bambang. | mediaindonesia

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: