Skip to content

Jalur SNMPTN Dibuka 1 Februari

31 January, 2012

SNMPTN 2012

Pendaftaran jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk tahun akademik 2012/2013 dimulai pada 1 Februari. Pada tahun ini, calon mahasiswa melalui jalur beasiswa Bidik Misi (bagi ekonomi lemah) akan diintegrasikan dengan SNMPTN.

Menurut Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012, Profesor Akhmaloka, secara umum tidak ada perbedaan yang mendasar dalam pelaksanaan jalur undangan maupun jalur tulis SNMPTN seperti pada tahun 2011. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id.

Panitia SNMPTN menetapkan waktu pendaftaran akan ditutup pada 8 Maret 2012. Selanjutnya pengumuman peserta yang lolos akan dilakukan pada sekitar 25 Mei 2012. Sedangkan untuk biaya pendaftaran Rp 175.000. “Jumlah penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Ada kenaikan sekitar 10%.

Karena ada tambahan perguruan tinggi dan munculnya program studi baru di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia,” ujarnya, usai membuka sarasehan nasional Telaah Juang Pemikiran dan Gerakan Dakwah Imaduddin Abdulrahim (Bang Imad) dengan tema Revitalisasi Gerakan Dakwah Menuju Kebangkitan Islam dan Indonesia di Aula Barat ITB, Jln. Ganesha, Senin (30/1).

Saat ini, katanya, SNMPTN 2012 diikuti 61 PTN. Perguruan tinggi yang baru ikut adalah Universitas Maritim Raja Haji Ali (Umrah) yang berlokasi di Pulau Sumatra. Sementara untuk ITB, katanya, terdapat tambahan 100 mahasiswa baru karena ada dua prodi baru, yakni rekayasa pertanian dan kehutanan. “Prinsipnya semua prodi sudah siap, maka pendaftaran sudah bisa dilakukan di laman SNMPTN,” ujar Akhmaloka yang juga merupakan Rektor ITB.

Mengenai aturan penerimaan dalam SNMPTN, sama dengan tahun lalu, yakni 60% untuk SNMPTN dan 40% untuk jalur mandiri. Sementara ITB sendiri 100% menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN.

“Yang berbeda di tahun ini adalah adanya pelaksanaan Bidik Misi yang terintegrasi dengan SNMPTN. Kali ini, peserta daftar dulu di laman SNMPTN khusus Bidik Misi. Kemudian panitia akan melakukan verifikasi. Jika layak sesuai dengan kriteria yang diterapkan dalam Bidik Misi, peserta atau calon mahasiswa tersebut bisa ikut SNMPTN, baik jalur undangan maupun jalur tulis,” ungkapnya.

Kuota yang disediakan untuk Bidik Misi, yaitu 30.000 untuk seluruh Indonesia yang tersebar di 61 PTN. Meski tidak dijabarkan secara terperinci, menurut Akhmaloka, semua PTN sudah memberikan kuota untuk Bidik Misi. Beasiswa Bidik Misi merupakan beasiswa dari pusat yang diberikan pada mahasiswa miskin yang memiliki prestasi baik. Mahasiswa dibiayai dari semester satu hingga lulus. Bahkan diberikan juga uang bulanan. “Yang pasti, kuota terbesar untuk Bidik Misi masih dimiliki oleh Universitas Brawijaya,” katanya.

Sementara mengenai nilai hasil ujian nasional yang konon dijadikan syarat wajib untuk mengikuti SNMPTN, ia mengatakan, siswa yang lulus UN otomatis bisa mengikuti jalur undangan atau SNMPTN. “Mengutip ucapan Dirjen Dikti (Djoko Santoso, red), kalau UN-nya tidak lulus ya tentu tidak bisa ikut SNMPTN,” katanya. | galamedia

5 Comments leave one →
  1. ady permalink
    4 February, 2012 14:59

    ini untuk luusan tahun berapa aja?

    • fitrah permalink
      6 February, 2012 23:07

      karena ini jalur undangan ,, jadi yg bisa daftar hanya siswa lulusan tahun ini aja

  2. nuriyati permalink
    5 March, 2012 09:57

    kalau ikut jalur undangan bisa ikut IPC atau tidak??

  3. dzhoelmo saja permalink
    12 March, 2012 16:57

    pendaftaran ujian tertulisnya kamu mulainya?

    • 28 May, 2012 23:14

      kalau lulus jalur undangan itu, dapat beasiswa atau ngk yach?

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: