Skip to content

2.976 Guru di Aceh Dapat Beasiswa

3 February, 2012

ilustrasiDinas Pendidikan Aceh menyalurkan beasiswa pendidikan kuliah untuk 2.976 guru SD, SMP dan SMA yang tengah menempuh pendidikan S1 keguruan di Universitas Syiah Kuala dan dan Al-Muslim, Bireuen.

Sebelumnya bantuan pendidikan juga diberikan kepada 115.000 anak yatim piatu yang telah berjalan empat tahun serta pemberian tunjangan kesejahteraan untuk 70.900 guru PNS.

Kadis Pendidikan Aceh, Drs Bakhtiar Ishak kepada Serambi Kamis (2/2) mengatakan program bantuan pendidikan kuliah senilai Rp 1 juta/orang/tahun kepada 2.976 guru SD, SMP dan SMA dimaksudkan untuk meningkatkan komptensi para guru di 23 kabupaten/kota. Terutama kepada guru yang belum memperoleh gelar S1.

Dia sebutkan program bantuan pendidikan kuliah bagi guru ini awalnya datang dari FKIP Unsyiah. Pihak FKIP Unsyiah melaporkan minat guru SD, SMP dan SMA di 23 kabupaten/kota untuk melanjutkan kuliah S1 di FKIP sangat tinggi.

Ini dibuktikan dengan jumlah guru SD, SMP dan SMA yang kuliah di FKIP saat ini antara 2.500-3.000 orang. “Namun banyak guru yang di tengah jalan berhenti kuliah karena kesulitan ekonomi. Atas dasar itu FKIP mengusulkan program bantuan ini,” kata Bakhtiar.

Dalam usulannya, FKIP meminta Disdik menyalurkan bantuan kuliah untuk 12 bidang mata pelajaran. Yaitu mata pelajaran guru kelas, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Ekonomi, Sejarah, PPKN, PKK dan Olahraga.

Selanjutnya Disdik menyampaikan kembali usulan program FKIP Unsyiah tersebut dalam dokumen Kebijakan Umum Angggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS).

Bakhtiar Ishak menyebutkan dalam pembahasan PPAS, DPRA merespon usulan tersebut dan mengalokasikan dana untuk tahun ini Rp 3 miliar sebagai bantuan pendidikan kepada 2.976 guru.

“Sedangkan sistem penyalurannya diserahkan kepada pihak FKIP Unsyiah dan Al Muslim selaku penyelenggara program,” ujar Bakhtiar. | tribunnews

One Comment leave one →
  1. riswandi permalink
    10 February, 2012 07:34

    kapan penyalurannya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,kami mahasiswa guru dalam jabatan wilayah simeulue belum mendapatkan informasinya. mohon kiranya diberitahukan karena kami kabupaten kepulauan yg jauh dari pusat informasi

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: