Skip to content

Mahasiswa Pemalsu Nilai Akan Dibatalkan Kelulusannya

3 February, 2012

Unsyiah

Pembantu Rektor I Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh, Samsul Rizal, menegaskan, pihaknya akan membatalkan kelulusan mahasiswa jalur undangan yang terbukti melakukan kecurangan terhadap nilai rapor, saat mendaftar di perguruan tinggi tersebut.

“Kami akan batalkan kelulusannya jika terbukti ada kecurangan terhadap nilai rapor, meski sudah dinyatakan lulus dan diterima sebagai mahasiswa,” katanya di Banda Aceh, Kamis (2/2).

Itu merupakan sanksi tegas jika terbukti adanya kecurangan yang dilakukan oleh sejumlah sekolah sebagai upaya untuk meluluskan anak didiknya melalui jalur undangan.

Unsyiah Darussalam Banda Aceh akan menerima sebanyak 1.188 orang mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur undangan.

Pada SNMPTN 2011, Samsul Rizal menjelaskan Unsyiah masih menemukan sekitar 35 sekolah yang melakukan kecurangan terhadap nilai rapor siswa-siswi yang diusul sebagai calon mahasiswa jalur undangan.

“Kami masih mendapat sekitar 35 sekolah di Aceh yang masih melakukan kecurangan, namun Rektor tidak `memblack list` lembaga pendidikan tersebut,” kata Samsul yang juga ketua panitia lokal penyelenggara SNMPTN 2012 di Banda Aceh.

Karena itu, ia mengharapkan pihak sekolah dan orang tua dapat berlaku jujur dalam memberikan nilai siswa-siswi yang diajukan melalui jalur undangan sehingga yang bersangkutan tidak dibatalkan sebagai mahasiswa.

“Kami juga akan mengundang kepala SMA sederajat di Aceh guna memberikan penjelasan terhadap risiko pemalsuan nilai rapor untuk calon mahasiswa jalur undangan,” katanya.

Ia menambahkan, setiap sekolah yang memiliki akreditasi A dapat mengusulkan 50 persen dari jumlah siswanya, akreditasi B sebesar 25 persen dan akreditasi C hanya 15 persen.

Ia juga mengatakan, siswa yang pindah dari sekolah yang memiliki akreditas A atau lainnya tidak bisa diusulkan dalam jalur undangan karena yang bersangkutan dinilai tidak konsisten.

“Siswa-siswi yang tidak lulus ujian nasional juga tidak akan diterima sebagai mahasiswa jalur undangan,” demikian Samsul. | gatra

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: