Skip to content

Indonesia Bisa Menjadi Pusat Kajian ASEAN

5 February, 2012
M Nuh

Indonesia diharapkan bisa menjadi pusat kajian tentang Indonesia dan ASEAN, mengingat cukup banyak cagar budaya dan peninggalan masa lampau yang ditemukan di Nusantara.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Kantor Presiden di Jakarta, satu hari yang lalu, usai mendampingi Professor Stephen Oppenheim bertemu dengan Presiden Yudhoyono, mengatakan bahwa Indonesia memiliki modal peninggalan sejarah masa lampau yang cukup banyak sehingga cocok bila menjadi pusat kajian.

“Bukti-bukti mengenai masa lalu itu jelas sudah ada. Taruhlah Sangiran, di tempat itu ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya itu, 3000 tahun sebelum Masehi sudah ada. Artinya, sejak dulu kala, kita sudah ada asal-usulnya pun beragam. Hanya saja karena perkembangan menjadi dibagi-bagi menjadi negara dan bangsa,” katanya.

Mohammad Nuh menyampaikan apresiasi terhadap Universitas Indonesia yang pada 9 Februari 2012 hingga 10 Februari 2012 mendatang akan menyelenggarakan konferensi internasional tentang Indonesia.

“Di situlah relevansi mengenai tema konferensi “Unity, Diversity….“, menjadi penting. Kita mendorong Indonesian studies, kita ingin nanti Indonesia menjadi pusat kajian-kajian tentang Indonesia sendiri dan kawasan ASEAN,” katanya.

Ia mengatakan selama ini untuk mempelajari mengenai perkembangan kebudayaan negara-negara ASEAN para peneliti Indonesia harus ke luar negeri untuk mendapatkan data-data yang diperlukan.

“Maka ke depan UI dan perguruan tinggi yang lain harus mengambil peran. Kalau pusat-pusat studi tentang Indonesia ya di Indonesia. Oleh karena itu, kami akan memberikan dukungan penuh kepada pusat-pusat studi yang ada di Indonesia termasuk membangun kerja sama dengan pusat studi yang ada di berbagai negara,” katanya.

Ia menjelaskan pusatnya haruslah di Indonesia. Kegiatan konferensi di Bali sebagai salah satu road map mile tools untuk membangun Indonesia sebagai pusat studi Indonesia dan juga kawasan Asia. | pelitaonline

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: