Skip to content

Siswa yang Lulus Jalur Undangan Wajib Registrasi

5 February, 2012
Jalur SNMPTN Dibuka 1 Februari

Meski saat ini Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan baru memasuki masa pendaftaran, para pelajar yang nantinya lolos seleksi wajib melakukan registrasi.

Himbauan tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pendidikan dan Penjamiman Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Mukh Arifn saat sosialisasi jalur undangan di SMUN 5 Semarang, baru-baru ini. Arifin menyebutkan, siswa yang telah diterima di Undip namun tidak melakukan registrasi akan merugikan banyak pihak.

“Jangan sampai setelah diterima justru tidak registrasi. Dengan begitu, berarti dia merugikan pendaftar lain. Termasuk sekolah yang akan terkena sanksi. Tentunya, ini akan merugikan adik kelas yang akan mendaftar SNMPTN jalur undangan di Undip pada tahun depan,” kata Arifin seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Sabtu (4/2/2012).

Dia mengungkapkan, siswa dan pihak sekolah harus melakukan komunikasi intensif untuk menentukan jurusan atau program studi yang akan dipilih. Siswa kelas XII yang akan mengikuti SNMPTN Jalur Undangan harus mendaftar di program studi (prodi) yang sesuai dengan kelompoknya, baik IPA atau IPS.

“Kelompok IPA harus mendaftar di prodi IPA juga. Jangan lintas mendaftar di kelompok IPS, jelas tidak akan diterima,” tuturnya.

Guru Besar Fakultas Peternakan ini menyatakan, SNMPTN jalur undangan 2012 memberikan kesempatan bagi siswa untuk memilih dua perguruan tinggi dengan dua program studi yang berbeda.

“Siswa harus punya strategi dalam memilih perguruan tinggi, terutama saat menentukan pilihan jurusan pertama. Sebanyak 80 persen siswa yang diterima itu berasal dari pilihan pertama pendaftar, jadi tempatkan dan pilihlah program studi yang memang paling diminati dan diinginkan,” kata Arifin menjelaskan.

Dalam sosialisasi tersebut salah seorang murid bertanya terkait sanksi yang akan diperoleh ketika mendaftar di dua jenjang pendidikan, yakni D-3 dan S-1 ketika kedua pilihan tersebut diterima dan dia memutuskan memilih pendidikan S-1nya. Menanggapi hal tersebut, Arifin mengungkapkan, tidak ada sanksi yang akan diberikan oleh Undip.

Sementara Kepala UPT Humas Undip, Agus Naryoso mengemukakan, sosialisasi ini merupakan cara mendekatkan diri dengan calon mahasiswa. “Kami membantu agar para pelajar dan sekolah tidak kesulitan untuk mendaftar serta memilih program studi yang tepat,” kata Agus.

Agus menyebutkan, segala informasi penting mengenai SNMPTN dapat diperoleh melalui hotline SNMPTN di nomor 0804-1-450-450 atau halo.snmptn.ac.id. “Jadi segala pertanyaan dan informasi seputar SNMPTN 2012 bisa diakses di situ,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan data yang ada, Kepala SMUN 5 Waino S mengatakan, minat siswa SMUN 5 untuk masuk ke Undip sangat tinggi. “Pada 2012 akan ada sekira 170 murid yang akan didaftarkan untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan. Saya harap jumlah siswa yang lolos di Undip akan semakin besar dibandingkan tahun lalu,” kata Waino. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: