Skip to content

Fakultas Ilmu Komputer UI Akan Tambah Kuota Mahasiswa

8 February, 2012
fasilkomui

Untuk memperkuat investasi siber di Indonesia, Universitas Indonesia akan menambah kuota mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer menjadi seribu orang per tahunnya. Jumlah tersebut sepuluh kali lipat dibandingkan kuota mahasiswa saat ini yaitu sebanyak 100 orang.

Kepala Kantor Sekretariat Rektor Universitas Indonesia, Devie Rachmawati, mengatakan langkah tersebut merupakan upaya untuk memperkuat ketahanan negara. Konsep pertahanan ke depan, kata dia, tidak hanya akan berupa pertahanan fisik dengan persenjataan alat berat. Namun, sebuah bangsa harus mampu melindungi diri dari serangan cyber.

Saat ini, kata dia, setiap negara dengan serius menginvestasikan kekuatan sibernya. “Sebut saja China dan Amerika Serikat memiliki lebih dari seribu polisi cyber yang bertugas mengamankan pusat-pusat kehidupan bangsa seperti bank dan kantor pemerintah,” kata dia, Selasa (7/2).

Untuk itu, Devie mengatakan, Universitas Indonesia secara serius akan menanggapi tantangan tersebut dengan merevitalisasi Fakultas Ilmu Komputer UI. Salah satunya dengan menggabungkan program studi ilmu komputer dan teknik komputer.

Universits Indonesia juga akan menambah kuota mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer. Hal itu karena jumlah mahasiswa Ilmu Komputer UI saat ini relatif masih sangat minim. “Bandingkan dengan universitas negeri di Singapura yang menerima lebih dari 500 siswa per tahuannya,”ujarnya.

Selain itu, Devi menambahkan, Universitas Indonesia juga tengah menciptakan pusat Teknologi Informatika (TI) Indonesia. Hal itu dilakukan dengan membangun gedung Fakultas Ilmu Komputer seluas 24.000 m2 yang saat ini pembangunannya sudah berlangsung 40 persen. Pusat Teknologi Informatika ini tidak hanya berfungsi untuk tempat kuliah, namun juga akan mengundang industri untuk bersama sama melakukan Research and Development di kampus. | pikiran rakyat

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: