Skip to content

Mendikbud: Menulis Karya Ilmiah itu Penting

10 February, 2012
M Nuh

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mewajibkan mahasiswa membuat dan mempublikasikan karya ilmiah untuk mendapatkan gelar sarjana menuai kontroversi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menjelaskan, kebijakan itu lahir karena dia melihat banyak potensi yang dimiliki para mahasiswa namun dibiarkan berserakan begitu saja.

Nuh menilai, kebijakan ini akan bermanfaat bagi mahasiswa. Pertama, mendorong dan membudayakan kebiasaan menulis di kalangan mahasiswa.

“Jurnal atau karya ilmiah ini penting agar membiasakan mahasiswa berpikir sistematis. Mulai dari menganalisa masalah, melakukan penelitian, hingga akhirnya menemukan solusi,” ujar Nuh di gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2012).

Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu mengimbuhkan, manfaat kedua, jurnal atau karya ilmiah dapat menjadi media untuk menumbuhkan dan mengembangkan keilmuan.

“Dalam membuat karya ilmiah atau jurnal mengenai sebuah topik, tentu mahasiswa akan mencari referensi. Ketika dia menemukan ide tulisan tersebut sudah pernah digunakan, maka dia berusaha menggali ide atau topik lain. Hal ini yang akan mengembangkan ilmu,” tuturnya.

Terakhir, ujar M Nuh, kebijakan ini juga dapat digunakan untuk meminimalisasi tindakan plagiat. Pasalnya, ketika tulisan mereka dipulikasikan, akan memudahkan mahasiswa lain yang ingin membuat penelitian agar menghindari topik yang sama.

“Namun, bedakan antara mencari referensi dengan plagiat,” kata mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) tersebut.

M Nuh menyampaikan, mahasiswa tidak perlu khawatir atas kebijakan ini sebab tanpa disadari mereka telah membuat berbagai tulisan atau karya ilmiah.

“Mahasiswa kan sudah terbiasa menulis baik melalui laporan atau tugas karya akhir,” tuturnya. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: