Skip to content

Lulusan UI Tahun 2012 Lebih Banyak Perempuan

18 February, 2012
gumilar

Universitas Indonesia (UI) meluluskan perempuan lebih banyak dibandingkan pria sebagai lulusan program profesi, spesialis, magister, dan doktor pada tahun 2012. Perempuan juga mendominasi perolehan hasil studi dengan predikat cumlaude lebih banyak daripada pria.

“Itu kemungkinan besar karena pria sedang menyimpan tenaga untuk karir masa depannyan,” ujar Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di Depok, Sabtu (18/2/2012), saat menyampaikan pidato Wisuda Program Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor Tahun Ajaran 2011-2012.

Menurut Gumilar, para lulusan diharapkan tidak serta-merta puas diri dengan gelar yang diperolehnya. Sebab, seorang pemegang gelar magister, misalnya, masih ditantang untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang Strata 3 (S3). Itu disebabkan negara berpenduduk 240 juta jiwa ini hanya memiliki 15.000 orang pemegang gelar doktor atau lulusan S3.

“Doktor bukan akhir pencapaian tapi awal untuk melakukan kajian dan riset sehingga negara mendapatkan solusi,” ujarnya.

Selain itu, Gumilar mengingatkan bahwa masih banyak karya akhir yang berorientasi dalam negeri. “Pondasi sudah dipancangkan, tugas lebih besar UI adalah pengembangan akademik yang beririentasi multi disiplin dan riset lintas budaya. Masih banyak masalah tesis yang bermasalah pada Indonesia, tetapi riset luar negeri,” tuturnya. | kompas

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: