Skip to content

UI Akan Buka Program Sarjana Terapan Fisioterapi

18 February, 2012
gumilar

Universitas Indonesia tahun depan akan membuka program S1 terapan untuk bidang fisioterapi, okupasi terapi, perbankan, dan perpajakan.

“Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, Universitas Indonesia menargetkan akan memiliki program S3 terapan,” kata Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati di Depok, Jumat.

Ia mengatakan, untuk itu para peserta didik dari Sekolah Kejuruan Menengah (SMK), akan memiliki jenjang pendidikan yang terarah melalui program vokasi di universitas, yang juga menyediakan program S1 terapan, lalu S2 terapan, hingga S3 terapan.

“Dengan adanya program vokasi terintegrasi dan berjenjang ini, diharapkan, setiap anak Indonesia, dapat memfokuskan diri akan potensi dan keunikan yang dimiliki oleh setiap anak,” ujarnya.

Ia mencontohkan di Eropa, tidak semua anak, memasuki universitas, mengingat tugas utama para lulusan universitas ialah, mengembangkan ilmu pengetahuan melalui laboratarorium yang ada di kampus maupun di masyarakat. Sedangkan program vokasi akan bertugas untuk mencetak para spesialis.

Dikatakannya program Vokasi UI saat ini memiliki sekitar 3.500 peserta didik dari lima bidang studi yaitu Kedokteran, Akuntansi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Administrasi, Komunikasi, Pariwisata.

“Dengan target di masa datang memiliki mahasiswa lebih dari 10.000, untuk dapat memberikan kontribusi ketrampilan nyata bagi pembangunan negeri serta meningkatkan taraf hidup masyarakat,” katanya.

Untuk mendukung hal tersebut katanya dilakukan pemindahan Laboratorium Perbankan, CIMB Niaga di Vokasi UI. Laboratorium berupa Bank Mini ini, dimaksudkan sebagai medium praktek nyata bagi para mahasiswa vokasi lintas disiplin.

UI semenjak tahun 2008 telah mengintegrasikan berbagai program diploma yang awalnya tersebar di fakultas. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan marwah universitas sebagai pabrik pengetahuan (factory of knowledge) yang bertugas menghasilkan riset-riset unggulan melalui tangan para ilmuwanya.

Sedangkan program vokasi (kejuruan), harus mampu menjalankan fungsi menjadi pabrik ketrampilan, yang akan menghasilkan tenaga kerja siap pakai, professional dan mampu bersaing secara global. | antaranews/kompas

One Comment leave one →
  1. Nur Alamsyah Physio permalink
    4 June, 2012 09:13

    Semasngat Untuk S1 Terapan Fisioterapi, didikasimi sangat di butuhkan untuk kemajuan dan pengembangan kesehatan di Indonesia agar ketercapaian Kesehatan Bertaraf Inter nasional

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: