Skip to content

Inilah Kampus Pertama yang Memiliki ePaper

1 March, 2012

Mahasiswa di Leeds University meluncurkan aplikasi surat kabar di iPad. Kampus yang berlokasi di Inggris ini pun menjadi pionir karena tercatat menjadi yang pertama memiliki koran universitas maya.

Menurut Editor Digital dan Web Leeds Student, Jack Dearlove, aplikasi ini dibuat hanya dalam waktu dua minggu. “Adalah luar biasa karena menjadi yang pertama. Tapi hal itu tidak menjadi satu-satunya alasan kami membuat aplikasi ini. Kami hanya ingin bereksperimen dengan cara baru untuk memberikan konten kepada pembaca dan meningkatkan interaksi. Aplikasi ini berisi galeri foto, video dan aplikasi untuk memanfaatkan konten tertentu,” jelas Dearlove.

Meski menjadi satu dari beberapa publikasi yang tengah berkembang, menurut Dearlove, edisi iPad memungkinkan mahasiswa untuk menjadi yang terdepan. Pada dua hari pertama, aplikasi ini telah diunduh 200 kali.

Aplikasi ini merupakan hasil gagasan Dearlove dan Lizze Edmonds. Mereka menyatakan aplikasi lahir setelah jurnalis mahasiswa membicarakan kemungkinan menggunakan perangkat lunak QuarkExpress untuk membuat koran.

“Versi terbaru memungkinkan Anda membuat konten untuk iPad dan kami pikir akan mencobanya. Perangkat lunak Quark membuat segalanya menjadi mudah. Namun melalui proses review Apple memang memakan waktu cukup lama. Pertama kali, kami mengirimkan aplikasi kepada mereka pada 10 Januari dan butuh waktu sekira satu bulan hingga pihak Apple puas,” jelas Dearlove.

Aplikasi surat kabar milik mahasiswa Leeds ini tidak memungut biaya alias gratis. “Jika surat kabar kami gratis, maka seharusnya mereka juga gratis untuk diunduh. Saya berharap banyak orang yang mengunduhnya,” ujarnya. Demikian seperti dikutip dari Huffington Post, Kamis (1/3/2012).

Pria yang akan lulus pada musim panas tahun ini mengaku belum puas. Sebab, menurut Dearlove, membuat aplikasi membutuhkan waktu lebih banyak dibandingkan merancang surat kabar fisik, sehingga hal itu membutuhkan banyak komitmen.

“Pada akhirnya, universitas lain akan mengikuti langkah kami. Surat kabar mahasiswa penuh dengan bakat baru untuk mencoba ide-ide baru,” pungkasnya. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: