Skip to content

Paduan Suara UI Siap ke Hungaria

10 March, 2012
paragita ui

Kelompok Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia Paragita berhasil lolos audisi pada ajang festival folklore dan kompetisi paduan suara internasional Bela Bartok ke-25. Pada kompetisi yang akan dilangsungkan di Hungaria pada Juli mendatang itu selain PSM UI Paragita membawakan karya-karya komponis dunia, mereka juga berkesempatan membawa misi budaya Indonesia dengan menampilkan beberapa lagu tradisional di hadapan kelompok peserta lain yang berasal dari sedikitnya 20 negara dari lima benua.

Soprano Indonesia yang sekaligus merupakan konduktor PSM UI Paragita, Aning Katamsi mengatakan, keberhasilan Paragita ini merupakan keberhasilan bagi Indonesia.

“Inilah kali pertama Indonesia mengirim wakil di ajang kompetisi internasional Bela Bartok dengan level A. Artinya bahwa pemenang dari kompetisi ini secara otomatis berpartisipasi dalam European Grand Prix for Choral Singing, ajang paling bergengsi di dunia paduan suara internasional. Sehingga representasi PSM UI Paragita di ajang itu bisa menunjukkan kepada dunia internasional bahwa levelisasi kelompok paduan suara Indonesia sejajar dengan negara-negara lainnya”, ujarnya.

PSM UI Paragita juga seringkali terlibat pada berbagai festival dan kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada ajang “Netherlands International Choir Festival, Arnhem” pada 1995, untuk pertama kalinya PSM UI Paragita meraih penghargaan internasional. Kesuksesan berlanjut dengan meraih juara pertama untuk kategori folksong pada “Internationaler Chorwettbewerb 1996” di Miltenberg, Jerman. Prestasi lainnya adalah juara 1 untuk kategori klasik dan juara 3 untuk kategori folksong pada “46th Internationaler Chorwettbewerb 2009” di Spittal an der Drau, Carinthia, Austria.

Selain aktif mengikuti berbagai kompetisi, PSM UI Paragita juga kerap berkolaborasi dengan berbagai orkestra maupun produksi pertunjukan musikal. Beberapa kelompok orkestra yang pernah berkolaborasi dengan Paragita adalah Twilite Orchestra, Erwin Gutawa Orchestra, Nusantara Symphony Orchestra dan sebagainya. Di samping itu paduan suara ini juga pernah berkolaborasi dengan paduan suara dari Universitas Oxford Schola Cantorum- Inggris, Wina Symphony Orchestra- Austria. PSM UI Paragita juga turut terlibat pada produksi pertunjukan opera “Tan Malaka” karya Toni Prabowo/ Goenawan Mohamad yang dipentaskan di Salihara (2010) dan Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (2011). | kompas

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: