Skip to content

Dosen Favorit yang Selalu Berpikir Positif

16 March, 2012
Hotbonar-Sinaga

Usia berbanding terbalik dengan produktivitas. Adagium ini rupanya tidak berlaku bagi Hotbonar Sinaga.

Jelang usianya yang ke-63 pada 20 Mei mendatang, energi dan produktivitas kerja pria yang sering disebut Mr Matchingini masih meletup-letup. Bahkan, tak jarang ada yang mengira dia masih berusia 50-an. ”Ada mantan mahasiswi saya yang kalau ketemu saya, saking penasaran dia nariknarik pipi saya. Katanya, Pak Bonar ini mukanya asli atau operasi plastik. Ha ha ha…” ucap Hotbonar seraya tergelak. Selama satu jam lebih berbincang dengan SINDO, pria kelahiran Cipanas ini puluhan kali melontarkan celetukan atau pengalaman yang mengundang tawa.

Tak heran di kampus Fakultas Ekonomi UI, tempat Hotbonar mengajar sejak 1973, dia termasuk dosen favorit. Banyak mahasiswa yang memilih mata kuliah manajemen risiko yang diampunya. ”Mahasiswa senang karena kalau mengajar saya suka cerita pengalaman-pengalaman.Misalnya, waktu IPO Krakatau Steel, IPO Garuda, atau kisruh kenaikan harga BBM di DPR. Cerita saya mengalir begitu saja,” tuturnya.

Pembawaan Hotbonar yang terbuka, santai, tidak ngotot dan murah tertawa itu rupanya menjadi resep agar awet muda dan tetap bugar.

”Coba saja tadi hitung berapa kali saya tertawa dalam satu jam,” tukas pengoleksi ratusan dasi ini disusul tawa berderai-derai. Sebagai pemimpin, Hotbonar juga mengaku jarang marah atau memarahi bawahannya. Bagi ayah dua anak ini, marah adalah sikap tidak produktif dan menguras energi, dan ia tidak suka bersitegang untuk hal-hal yang sebetulnya tidak produktif.” Tidak hanya bawahan di kantor, sopir saya saja dalam lima tahun rasanya baru sekali saya marahi.Itu pun karena dia salah jalan,” ujarnya lagi-lagi memecah tawa.

Filosofi lainnya yang selalu dipegang teguh Hotbonar dan menuntunnya agar selalu bijak dalam bersikap adalah berpikir positif. Untuk yang satu ini, ia mengaku sangat terinspirasi dari buku How to Win Friends and Influence People. Karya Dale Carnegie itu menurutnya ampuh mengubah seseorang dari berpikiran negatif ke positif.” Isinya tentang cara memenangkan perkawanan dan memengaruhi orang lain. Itu luar biasa. Saya baca waktu tahun 1970-an awal dan saya praktikan,” ungkap peraih Satyalencana Karya Satya pada tahun 2002.

Berpikiran positif menurut Hotbonar bisa diterapkan dalam halhal sederhana setiap hari. Misalnya, saat merasa jengkel atau kesal pada rekan kerja, jangan menunjukkannya melalui air muka. Cukup senyum saja, tapi bukan berarti bersandiwara. Contoh lain, Hotbonar mengaku tidak pernah meledek kekurangan orang lain, baik secara halus ataupun langsung. Misalnya, saat bertemu teman lama yang badannya terlihat menggemuk, ia tidak akan menyinggung soal kegemukannya itu.

”Jangan melihat orang dari sisi negatif atau kekurangannya,tapi tonjolkan yang positifnya dan jangan segan memberikan pujian. Saya sendiri kalau disebut-sebut begitu (gemuk), terus terang hati saya juga akan sedikit menciut,” ujar penggemar olahraga golfitu, lalu tertawa. Prinsip penting lainnya dalam berkehidupan sosial adalah bersikap baik dan menghargai semua orang tanpa memandang jabatan. Setiap pulang kantor dan sampai di rumah lalu turun dari mobil, Hotbonar tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada sang sopir, sesudah itu diberinya tip harian.” Itu saya lakukan kepada semua sopir. Contoh kecil seperti menghargai orang ini bisa ditiru oleh orang lain,” tuturnya.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, Hotbonar berusaha jogging bersama sang istri, Sudewi Subakir. Keduanya melakukan aktivitas olahraga lari kecil itu selama 25–30 menit, berkeliling mulai rumah dinas di Menteng hingga jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. | koran sindo

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

