Skip to content

UI dan Minho Portugal Jalin Kerjasama

17 March, 2012
minho

Universitas Indonesia dan Universitas Minho Portugal sepakat melakukan kerjasama dalam hal riset dan pertukaran mahasiswa fakultas teknik.

Universitas Indonesia dan Universitas Minho, Portugal menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) tentang Riset dan Pertukaran Mahasiswa Doktoral Gelar Ganda dari Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Kamis (15/3).

Penandatangan MoA, yang dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia kampus Depok, juga disaksikan oleh Duta Besar Portugal untuk Indonesia Carlos Frota dan Rektor UI Prof. Gumilar Rusliwa Somantri. Selain itu, hadir juga Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia Prof. Bambang Sugiarto dan dua perwakilan dari Universitas Minho, Portugal Prof. Antonio Gomes Correira serta Prof. Paulo Pirera.

Berdasarkan informasi yang ada Universitas Minho merupakan salah satu universitas negeri terbesar di Portugal, yang didirikan pada tahun 1973 dan memiliki 2 kampus di kota Braga serta kota Guimäraes. Sebelumnya kerjasama pendidikan dengan Universitas Indonesia telah ditempuh sebelumnya melalui program beasiswa Erasmus Mundus. Dari data yang ada, jumlah mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di univeritas ini mencapai 19 orang.

Dari laporan yang diberikan pihak Universitas Minho kepada Universitas Indonesia, mahasiswa Indonesia dinilai memiliki prestasi akademis yang baik serta kreatif dalam mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler (pagelaran budaya serta promosi Indonesia). Pujian dari supervisor program beasiswa Erasmus Mundus turut mengharumkan nama Indonesia dan universitas setempat. Oleh karena itu, keterlibatan mahasiswa Indonesia di Portugal dalam kerjasama akademis antar universitas di Indonesia dan Portugal dinilai sangat berarti dan akan terus didorong.

Di Indonesia sendiri, ada 2 mahasiswa dari Universitas Minho yang sedang menemupuh pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Selain mengutus mahasiswa untuk belajar, universitas ini juga mengutus seorang dosen untuk melakukan joint research dengan para peneliti di Universitas Gadjah Mada mengenai kajian tentang new energy di UGM. Bukan hanya itu saja, universitas yang didirikan pada 1973 ini juga mengirimkan 1 orang staf untuk menempuh pendidikan dan melakukan kajian administrasi dalam bidang teknik.

Salah satu klausul dalam kerjasama itu ditetapkan bahwa UI harus mengirimkan dua mahasiswa dari program doktoral Departemen Teknik Sipil FTUI ke Portugal untuk melakukan kerjasama riset internasional yang bertajuk “High Performance Materials for Pavement Construction Indonesia”. Hasil riset tersebut nantinya akan dipublikasikan melalui jurnal internasional. Selain melakukan kerjasama riset internasional, kedua mahasiswa doktoral FTUI tersebut akan mendapatkan kesempatan meraih gelar ganda dari UI dan University of Minho.

Kerjasama riset internasional ini juga membuktikan komitmen dan visi Universitas Indonesia sebagai universitas riset berskala internasional, yang menghasilkan kajian riset berwawasan global dan memperkuat basis kerjasama internasional dalam pengembangan riset dan kerjasama akademiknya. | jaringnews

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: