Skip to content

Empat PTN Didorong Buat Mobil Listrik

21 March, 2012
mobil listrik

Isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak memacu pemerintah mencari solusi alternatif sumber energi. Terkait itu, pemerintah berencana mendorong perguruan tinggi membuat mobil nasional (mobnas) bertenaga listrik.

Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemdikbu), Djoko Santoso membeberkan, saat ini ada empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didorong untuk terlibat dalam pembuatan mobnas bertenaga listrik. Masing- masing PTN tersebut yakni, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

“Keempat PTN itu dipilih karena telah memiliki basis pengembangan mobil bertenaga listrik,” kata Djoko, di Jakarta, Rabu (21/3/2012).

Lebih jauh ia mengatakan, keempat PTN tersebut telah memiliki riset awal untuk mengembangkan mobnas berbasis tenaga listrik. Pengembangan ini, kata dia, nantinya akan dikombinasikan dalam satu proyek mobnas yang akan didukung penuh oleh pemerintah.

Dijelaskannya, kombinasi proyek mobnas tersebut akan dimulai pada tahap pembuatan mesin sampai desain atau rancangbangun yang berbasis pada pengembangan di masing- masing PTN.

“Prinsipnya, mobnas listrik ini akan diwujudkan sebagai solusi ke depan,” jelas Djoko.

Sampai berita ini diturunkan, perencanan proyek mobnas berbasis tenaga listrik ini telah menjadi bahan diskusi antara Presiden SBY, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Dirjen Dikti serta ke-empat Rektor PTN di Istana Negara beberapa hari lalu.

Sebelumnya, Mendikbud, Mohammad Nuh juga menyampaikan, langkah ini diambil untuk efisiensi sekaligus mengurangi penggunaan BBM pasca harganya dinaikkan.

Ia menjelaskan, dibandingkan dengan energi yang bersumber dari BBM, energi listrik jauh lebih efisien. Meski tarif dasar listrik akan naik, tapi secara umum masih lebih ekonomis dibandingkan BBM.

Berdasarkan riset, efisiensi motor bertenaga listrik bisa mencapai 80 persen. Sedangkan efisiensi motor dengan BBM hanya hanya mampu dicapai sekitar 30 hingga 40 persen. Itulah perbedaan efisiensi. Energi yang dihasilkan listrik lebih besar. | kompas

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: