Skip to content

4 PTN Sediakan Beasiswa S2 Pengawas Sekolah

23 March, 2012
Beasiswa PhD Dikti-Neso Jalur Khusus di Belanda

Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah (P2TK Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunjuk empat perguruan tinggi negeri (PTN) untuk membuka program S2 Pengawas Sekolah dengan memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswanya.

Keempat PTN tersebut di antaranya, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Medan (Unimed), dan Universitas Negeri Malang (UNM). Program tersebut bertujuan untuk mencetak pengawas bagi sekolah di jenjang menengah. Beasiswa yang akan diberikan pada program itu sifatnya full study selama dua tahun.

Direktur Program Pascasarjana (PPs) Unnes Prof Samsudi mengatakan, Unnes akan membawahi para calon pengawas sekolah dari wilayah Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT. “Jadi setiap guru yang memperoleh beasiswa ini akan mengikuti pendidikan di perguruan tinggi yang sudah ditunjuk. Misalkan yang dari NTB, Bali atau Jateng, mengikuti pendidikannya di Unnes,” katanya.

Adapun, PTN lain yang telah ditunjuk di antaranya Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan membawahi wilayah Jakarta, Jabar, Banten dan sekitarnya. Adapum, Universitas Negeri medan (Unimed) untuk wilayah Sumatera, Universitas Negeri Makassar untuk wilayah Indonesia Timur.

Lebih lanjut Samsudi menjelaskan, sesuai peraturan menteri, pengawas sekolah tidak harus dari kalangan kepala sekolah. Sebab, para guru pun dapat disiapkan menjadi tenaga pengawas sekolah melalui program itu, tujuannya agar tugas kepengawasan sekolah lebih efektif.

“Setiap program yang dibuka, diberikan kuota sebanyak 75 orang yang berasal dari daerah-daerah yang sudah ditentukan, dan juga sudah dipilih oleh pihak terkait di masing-masing wilayah untuk dikirimkan mengikuti pendidikan ini. Program ini merupakan yang pertama kali dan dibuka mulai 2012. Pendaftaran sudah berlangsung sejak Februari lalu dan akan berakhir pada 11 Mei nanti,” tandasnya. | suaramerdeka

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: