Skip to content

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Akan Digratiskan

27 March, 2012
M Nuh

Kabar gembira bagi para siswa yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Pemerintah berencana membebaskan biaya pendaftaran tes masuk perguruan tinggi negeri untuk seluruh calon mahasiswa.

“Pada dasarnya seluruh anak bangsa punya akses yang sama untuk masuk ke perguruan tinggi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa 27 Maret 2012.

Rencana ini menjadi salah satu poin penting yang tertuang dalam draf Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi yang sedang dibahas pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Nuh menyebut pembebasan biaya pendaftaran ini sebagai jaminan akses bagi seluruh siswa di Tanah Air mencoba kemampuan akademisnya. “Tapi siapa yang diterima tentu berbasis pada kemampuan akademik anak tersebut,” ujarnya.

Saat ini pemerintah dan DPR sedang menggodok dua rancangan undang-undang yaitu RUU Pendidikan Tinggi dan RUU Pendidikan Kedokteran. Rencana RUU Perguruan Tinggi akan disahkan di masa sidang DPR April nanti. | tempo

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: