Skip to content

Kopertis Imbau PTS Segera Akreditasi Prodi

5 April, 2012
Kampus Terbaik Indonesia Berdasarkan Survei Internet

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah I Sumatera Utara (Sumut)-Aceh meminta para pengelola perguruan tinggi segera mengurus perpanjangan masa akreditasi program studinya (prodi). Jika tidak, kampus dilarang mengeluarkan ijazah.

Ketua Kopertis I Sumut-Aceh M Nawawiy Lubis menjelaskan, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) telah ditentukan bahwa selambat-lambatnya pada 16 Mei 2012, perguruan tinggi harus sudah terakreditasi. Jika belum, maka tidak dibenarkan mengeluarkan ijazah.

“Amanat Undang-Undang seperti itu, prodi harus terakreditasi. Jika belum ada, maka tidak boleh menerbitkan ijazah. Bagi yang mengeluarkan ijazah maka dianggap tidak sah,” tuturnya kemarin di Medan.

Saat ini, ada sekira 1.100 prodi perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumut dan Aceh. Dari jumlah itu, 300 prodi di antaranya berada di Aceh dan masih banyak yang belum memiliki akreditasi. “Kami minta ini segera cepat diurus ke Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT,” kata Nawawiy.

Untuk yang masih dalam proses pengajuan akreditasi, diharapkan selesai pada bulan Mei. Sehingga, proses perkuliahan mahasiswa tidak terganggu. “Jangan sampai mahasiswa terganggu. Gara-gara tidak ada akreditasinya, maka ijazah sarjananya tidak terpakai,” tuturnya.

Nawawiy mengakui, selama ini PTS masih sulit mendapatkan akreditasi karena beberapa kendala. Di antaranya ketersediaan tenaga dosen yang memenuhi persyaratan pendidikan S-2 dan fasilitas pendukung pembelajaran.

Sementara Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Sumut Bahdin Nur Tanjung menyatakan, sangat sedikit PTS yang belum memperpanjang akreditasi. Beberapa di antaranya belum memperpanjang karena peminatnya tidak ada.

“Tetapi sebagian besar sudah terakreditasi. Hanya saja, ada yang sedang dalam pengurusan, menunggu visitasi asesor, dan ada yang tinggal menunggu hasil. Saya rasa bulan Mei ini selesai dan kalau pun belum masih bisa ditoleransi,” paparnya.

Bahdin mengakui, masih ada beberapa PTS yang memang belum mengikuti aturan tersebut. Menurut dia, kampus seperti ini tidak usah dipilih sebagai tempat kuliah karena nanti akan merugikan mahasiswa itu sendiri.

Ketua Pembina Yayasan Politeknik Unggul LP3M Medan M Nasir Mahmud menyatakan, ada beberapa prodi di yayasan itu yang sudah dalam proses pengajuan akreditasi. Dia memastikan akreditasinya akan keluar pada Mei mendatang. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: