Skip to content

UI Bebaskan Uang Pangkal untuk Mahasiswa S1 Reguler

3 February, 2013

fasilkomuiKabar gembira bagi para calon mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Pada tahun akademik 2013/2014, UI memutuskan untuk menggratiskan uang pangkal bagi para mahasiswa baru reguler S-1. Untuk itu, pada 2013, seluruh mahasiswa baru program S-1 reguler tanpa terkecuali hanya akan dikenai uang kuliah atau biaya operasional pendidikan berkeadilan (BOP-B).

Sekretaris Universitas Indonesia Prof.I Ketut Surajaya, MA menjelaskan, pembebasan uang pangkal (UP) dapat dilakukan karena UI mengalokasikan beban UP dari dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dari Kemendikbud.

Menurut Ketut, rentang biaya BOP-B tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan tanggungan finansial orangtua/wali mahasiswa. “Pembebasan uang pangkal bagi mahasiswa S-1 reguler dimungkinkan karena kebijakan UI untuk mengalokasikan beban biaya uang pangkal dari anggaran bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Ketut.

BOPTN sendiri dapat dialokasikan untuk pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, biaya pemeliharaan pengadaaan, penambahan bahan praktikum/kuliah, pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, pembiayaan langganan daya dan jasa, honor dosen non-pegawai negeri sipil dan kegiatan lain yang merupakan prioritas dalam renstra perguruan tinggi masing-masing.

Dengan pemberlakuan kebijakan ini, maka mahasiswa baru program S-1 reguler UI hanya perlu membayar uang kuliah atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) sesuai kemampuan dan tanggungan finansial orangtua/wali mahasiswa. Untuk jurusan IPS, BOP-B ini dikutip antara Rp100 ribu hingga maksimal Rp5 juta per semester. Sedangkan untuk jurusan IPA, BOP-B berkisar antara Rp100 ribu hingga maksimal Rp7,5 juta per semester.

Tahun ini, UI membuka program pendidikan S-1 Reguler bagi lulusan SMA/Sederajat tahun kelulusan 2013, 2012 dan 2011. Ada 56 pilihan program studi (prodi) yang dapat dipilih, 25 prodi berada di kelompok IPA dan 31 prodi di kelompok IPS. Untuk dapat menjadi mahasiswa S-1 Reguler UI, pelajar SMA/sederajat dapat menempuh tiga seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI). | okezone-kompas

One Comment leave one →
  1. 24 April, 2013 11:22

    Keren nih langkah UI, moga univ lain juga ikutan :d

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: