Skip to content

UI Tolak Pekan Kondom Nasional Masuk Kampus

3 December, 2013

Komik tolak Pekan Kondom Nasional

Program pencegahan penyebaran penyakit HIV/AIDS Pekan Kondom Nasional (PKN) ala Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi ditentang sejumlah kalangan dan warga, hal yang sama juga datang dari pihak kampus Universitas Indonesia, Senin (2/12/2013).

Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Arman Nefi dalam sebuah status resmi di Twitter menyebutkan, UI akan menolak PKN karena tidak sesuai dengan pedoman organisasi dan tata laksana kemahasiswa UI.

Program dari Menteri Kesehatan tersebut menggunakan dana sebesar 25 miliar rupiah untuk kampanye pencegahan HIV/AIDS di kalangan generasi muda.

Sejumlah aksi penolakan lainnya juga terjadi di jejaring sosial, hal senada juga dilakukan oleh Lembaga Dakwah Kampus SALAM UI yang mempetisikan Menteri Kesehatan lewat laman www.change.org.

Petisi tersebut dikeluarkan SALAM UI sebagai pernyataan untuk menolak adanya PKN di Indonesia, yang dimulai dari 1-7 Desember mendatang. Berikut petikan petisi tersebut:

Satu hal yang perlu ditekankan dalam peringatan hari HIV/AIDS adalah dampak bahaya dan resiko penyebarannya pada masyarakat. Sangat urgen kiranya untuk diperhatikan bahwa penyebaran tersebut sangat erat kaitannya dengan pola hidup seks bebas (free sex), terutama pada masyarakat kalangan remaja dan dewasa.

bayangkan, apabila momen peringatan ini – yang seharusnya menjadi pengingat bahaya penyakit HIV/AIDS – diselenggarakan dengan cara membagi-bagikan kondom gratis (oleh Komisi Penanggulangan AIDS Nasional). Tanpa mengenyampingkan niat dan tujuan untuk mengurangi angka penyebaran penyakit HIV/AIDS, jauh lebih baik untuk tidak memberikan kesempatan untuk melakukan seks bebas. justru, dengan membagi-bagikan kondom – apalagi penyebaran tersebut rentan salah sasaran – hanya akan memudahkan peluang untuk melakukan seks bebas.

Sekali lagi, peringatan hari anti HIV/AIDS harus dijalankan sesuai tujuan. Jangan terjebak dengan cara yang justru membuat jalan menempuh tujuan menjadi bias. Tolak Pekan Kondom Nasional! Hentikan Pembagian Kondom Gratis!

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: