Skip to content

Butuh Rp8 triliun Setiap Tahun untuk Gratiskan Biaya Kuliah di PTN

26 March, 2014

M NuhMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan kurang lebih dibutuhkan anggaran sebesar Rp8 triliun setiap tahunnya untuk menggratiskan seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

“Itu dibutuhkan Sekira Rp8 triliun setiap tahunnya,” tutur Nuh, ketika ditemui di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Dia menuturkan, saat ini dana bantuan pendidikan bagi PTN saat ini oleh pihaknya telah dinaikkan hingga Rp3,2 triliun. Hingga 2015, tambahnya, pemerintah menargetkan besaran anggaran bantuan untuk PTN akan dinaikkan hingga Rp5 triliun.

“Ditambah dengan bebas plus itu, 2015 mau kita usulkan lagi itu kita naikkan menjadi Rp5 triliun,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Nuh menilai pembiayaan pendidikan di PTN tidak akan digratiskan melainkan dikelola agar lebih terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Ini, tambahnya, akan disinergikan dengan kebijakan bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga berekonomi rendah.

“Saya kira tidak harus gratis, tapi terjangkau. Jadi untuk anak-anak yang orang kaya ya mestinya bayar lah, meskipun bayarnya terjangkau, tetap itu,” tambah dia.

Nuh juga mengungkapkan, saat ini proses pendaftaran di PTN yang sebelumnya dipungut biaya sebesar Rp200 ribu, tidak lagi ada pungutannya. Begitu juga dengan besaran SPP mahasiswa, saat ini, ungkap dia cenderung menurun semester demi semester. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: