Skip to content

History

.

↑ Grab this Headline Animator

SAMAN UI merupakan kepanjangan dari Silaturahim Mahasiswa Nanggroe Aceh Darussalam. Awal mula keberadaan komunitas mahasiswa Aceh di UI ini berawal keinginan dari sejumlah mahasiswa UI asal Aceh untuk senantiasa bersilaturahim dengan sesama mereka baik yang sedang kuliah atau pernah berkuliah di UI sehingga tumbuh rasa persaudaraan yang kuat.

Visi strategis SAMAN UI adalah menciptakan kesinambungan dan kebermanfaatan persaudaraan dalam rangka mendukung pembangunan SDM Aceh menuju ke arah yang lebih bermartabat di masa depan.

Inisiasi SAMAN UI digagas sebelumnya oleh Azman Muammar (FT’01), Frenki Putra (FT’01), Suryawati (MIPA’00) dan Rina Suryani (FIK’01). Ide awalnya hanya ingin berkenalan dengan sesama mahasiswa UI asal Aceh tetapi apa hendak dikata betapa terkejutnya ketika dilakukan pendataan ternyata jumlah mahasiswa asal Aceh sangat sedikit di UI, tidak lebih dari 20 orang (data 2001).

Berbeda hal nya seperti komunitas daerah lain yg sudah dulu ada di UI, maka ada keinginan yang mendalam supaya UI juga bisa dinikmati oleh segenap anak-anak Aceh yang lain. Selama lebih kurang 2 tahun hanya bertahan dengan keanggotaan yang itu-itu saja, namun dengan keterbatasan SDM, SAMAN UI berupaya menyebar-kan setiap info yang berkaitan dengan UI ke sekolah di Aceh.

Akhirnya mulai tahun 2003 sudah bertambah lebih banyak mahasiswa asal SMU di Aceh yang lulus ke UI, walaupun hanya bertambah menjadi 10 orang sesuai dengan pendataan yang dilakukan pada waktu itu. Pada saat itu pula belum ada nama khusus untuk komunitas mahasiswa Aceh di UI sehingga pihak luar hanya mengenal mahasiswa Aceh dari individu-individunya.

Sejak dulu memang mahasiswa Aceh sudah dikenal karena mudah bergaul dan aktif di kegiatan kemahasiswaan UI. Hingga Saat ini tercatat beberapa putra Aceh yang memegang lembaga strategis di kampus, diantaranya mantan Ketua Umum SAMAN UI yakni Azman Muammar tercatat sebagai Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) periode 2005-2006, selain itu prestasi akademis mahasiswa Aceh di UI juga tidak kalah bersaing dengan mahasiswa lainnya.

Bertambah banyaknya jumlah mahasiswa Aceh di UI akhirnya membuat beberapa orang penggagas komunitas mahasiswa Aceh di UI mengadakan pertemuan perdana untuk saling bersilaturahim dan meresmikan nama komunitas mahasiswa Aceh di UI. Akhirnya diadakan pertemuan pada bulan Oktober 2003 yang bertempat di Asrama UI dan mengundang segenap mahasiswa asal Aceh yang kuliah di UI.

Pertemuan ini adalah pertemuan resmi perdana yang melengkapi pertemuan-pertemuan informal diantara para penggagas (Azman, Frenki, Suryawati, Okta). Peserta yang hadir berjumlah 20 orang dan turut dihadiri pula oleh Bapak Jamil, Dosen FKUI yang juga kelahiran Aceh sebagai pemberi nasihat selaku orang tua. Acara berlangsung dengan suasana keakraban yang kental dan mampu membangkitkan semangat akan membangun Aceh ke arah yang lebih baik dengan meningkatkan kualitas diri selama menuntut ilmu di Jakarta (Depok, -red).

Pada pertemuan perdana tersebut juga berlangsung rapat kerja (duek pakat) membahas tentang organisasi dan segala kelengkapan awalnya mengingat kesempatan tersebut langka dan mendesak. Akhirnya setelah melalui rapat dan penentuan keputusan, ditetapkan nama SAMAN UI sebagai inisial komunitas mahasiswa Aceh di UI dari beberapa nama yang diusulkan peserta forum dan dipilihlah sdr. Heru (FE’01) menjadi Ketua Umum menggantikan sdr. Azman yang selama prosesnya menjadi ketua merangkap koordinator persiapan pembentukan komunitas mahasiswa Aceh UI sejak digagas pada tahun 2001.

Sejak pertemuan tersebut (Oktober 2003, -red) maka mulailah SAMAN UI mengadakan kegiatan-kegiatan sederhana. Suasana persaudaraan dan saling membutuhkan sebagai sesama mahasiswa Aceh semakin terasa ketika musibah gempa dan tsunami melanda Nanggroe Aceh Darussalam tercinta pada tepatnya pada tanggal 26 Desember akhir tahun 2004.

Sedih tak terkatakan namun tak dapat ditolak bahwa itu adalah cobaan kesabaran bagi kita semua. Semua kami berduka, tidak ada yang tidak mendapat musibah di kampung halaman tercinta baik itu orang tua, keluarga atau saudara. (AM)

25 Comments leave one →
  1. DeFF permalink
    4 August, 2007 15:27

    Ass..Saya mengucapkan atas kekompakan aneuk2 aceh di UI…Tapi aku ingin memberikan saran sedikit.. bagaimana Klo SAMAN ini diperluas,tidak hanya untuk warga UI tapi untuk seluruh mahasiswa aceh yg menuntut ilmu di jkt..Karena saya pikir cukup banyak warga aceh disini yg blum terkoordinir. Alangkah bagusnya klo kita bentuk sebuah group ato apalah namnya khususny bagi mahasiswa aceh di jkt, baik itu yg sedang menempuh S1 maupun S2. Mudah2an dengan semangat kita semua dapat membangun dan memajukan nanggroe kita..minimal kita dapat ikut memberikan ide yg terbaik buat Nanggroe kita….Untuk perhatiannya saya ucapkan banyak terimaksih….Wass

    Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Terima kasih atas masukan dan saran dari saudara deff (ka_dhafi). Sebenarnya bukan kita (SAMAN UI) menutup diri untuk warga UI, karena fokus utama yang kita bentuk disini adalah seperti visi & misi yang telah dipaparkan. Banyaknya mahasiswa Aceh di Jakarta baik S1, S2 sekalipun S3/dosen yang dari UI maupun non-UI, sedikit banyaknya mereka telah bergabung dengan perkumpulan Aceh Jakarta (IMAPA), maka dengan itu kita tetap dalam lingkup pagar kuning (UI) mengingat mahasiswa Aceh sendiri di UI sampai saat ini masih ada yang belum “terdeteksi”, walaupun kita sudah mencari info dari berbagai fakultas yang ada. Untuk semua ide yang ada kami tetap membuka wadah untuk menampung dari semua rekan mahasiswa dan warga Aceh yang berada di Jakarta untuk kemajuaan Nanggroe terutama dalam pendidikan.
    Wassalam

  2. Muktamarudin Fahmi permalink
    6 September, 2007 14:04

    Assalamualaikum, Pu haba? salam kenal buat kalian smua ya? saya ingin ngucapin slamat atas berdirinya SAMAN UI smoga keberadaannya bisa menjadi ruang diskusi dan silaturrahmi bagi rekan- rekan yang lagi ngambil studi di UI. O ya kalau ada rekan-rekan yang kbetulan ngambil jurusan Biologi.. di Universitas Bangka Belitung setiap tahunnya ngerekrut Dosen (S1 dan S2), bagi yang berminat mo ke Bangka Belitung nggak salah kalau di coba.. orang aceh juga banyak di bangka.. itu saja yang mungkin dapat saya ungkapin.. Trims

  3. SAMAN UI permalink*
    7 September, 2007 16:23

    @ Muktamaruddin
    Wa’alaikumsalam wr. wb.
    Alhamdulillah haba get bg Muktamar. Terima kasih atas ucapan semoga kami bisa terus berkontribusi dalam menjalin silaturrahmi dengan semua orang Aceh.
    Terima kasih atas infonya ya…

  4. Azwir permalink
    9 October, 2007 20:45

    Assalammualaikum wr wb
    Saya alumni FIB UI 97. Saya ingin menjelaskan sedikit bahwa sebelum berdirinya SAMAN UI, sebenarnya telah ada sebuah organisasi yang merupakan wadah bagi mahasiswa/i Aceh yang kuliah di UI. Nama organisasinya IKAMA UI (Ikatam Mahasiswa Aceh Universitas Indonesia). Terakhir sebelum kepunahannya, pada tahun 1998 IKAMA UI di ketuai oleh Zulhendri, mahasiswa Hubungan Internasional 95. Setelah itu IKAMA UI pun vakum dan bisa dikatakan telah punah.
    Salut buat adek-adek yang telah mendirikan SAMAN UI. Semoga SAMAN UI bukan cuma menjadi wadah bagi mahasiswa/i Aceh di UI, tapi bisa juga menjadi pusat informasi bagi adek-adek lainnya yang ingin kuliah di UI.

    • Yed Imran permalink
      8 May, 2009 07:55

      Azwir,
      Ada info dimana zulhendri & irfan (FISIP) sekarang berada? Terakhir kami pulang gampoeng bersama dengan bus PMTOH thn 96 setelah pendirian IKAMA (hehe… baru teringat skg nama organisasinya & maaf salah tulis ttg penyebutan Henry FT’96, yg seharusnya Hendry HI’95).

      Salam,
      FS ’95
      Alumni IKAMA

      • 8 May, 2009 14:58

        Wah, kami para generasi baru nih sejak tahun 2005 belum tahun keberadaan para endatu2 nih. Mungkin bang Imran bisa gabung di milis SAMAN UI atau juga di Facebook SAMAN UI.

  5. Dedy Satria permalink
    9 December, 2007 19:09

    Krue seumangat

    Saleum sijahtra keu adek-adek nyang na di SAMAN UI. Teurimong geunaseh beurayeuk that ateuh useuha nyang ka tapuebut keu perkumpulan mahasiswa Aceh di UI. Saran lon keu ukeu teuman, beukayem sit silaturahmi ngon mahasiswa asai Aceh nyang cok S2 dan S3 di UI.

    Lon tinggai di FOBA. Hinan jinoe nyang tinggai rata-rata mahasiswa. Na nyang teungoh cok S2 di UI, atawa S1 Al Azhar Indonesia, Binus, Unas, Politeknik PLN, Trisakti, Unas, Perbanas, IPMI Business School dan LIPIA.

    Insya Allah teuman, ci tapeuget silaturahmi antara Depok (Saman UI) ngon Asrama FOBA di Setiabudi. Meuseu teuman na acara kon jeut tabagi informasi. Bek mansabe aneuk aceh meubicah bicah. Lon that hawa antara ureung nyoe di Saman UI ngon Asrama FOBA tapeuget acara seminar nasional. Pakiban na pakat?

    Meunan mantong dari lon tuan. Leubeh ngon kureung lon lake meu’ah.

    Wassalam
    Dedy Satria
    http://dsatria.wordpress.com

  6. -juLbe- permalink
    5 February, 2008 11:08

    salam..
    salam kenal dari insan berdarah aceh..

    -juLbe-
    Ilmu Perpustakaan 2005, FIB UI

    wah, ternyata ada juga di FIB warga nanggroe. Silakan saja hubungi Sdr Maftuh Ihsan (2006) Sastra Inggris. Biar bertambah persaudaraan kita lagi

  7. 19 April, 2008 04:14

    Nyan ka mantap

  8. wina permalink
    24 May, 2008 22:10

    Assalammualaikum wr wb,,
    pue haba..? salam knal..
    maw tanya donk,, cara gabung sama kalian tuh gmana ya.?

  9. 8 September, 2008 12:49

    Update terbaru tentang kepengurusan SAMAN UI tahun 2008/2009 untuk generasi yang ke IV.

  10. safira permalink
    27 January, 2009 14:56

    WAH WAH
    PUSING BACANYA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!111

  11. masyi permalink
    6 February, 2009 17:57

    salam kenaal………..
    saya FT’04……… boleh gabung kan?? ^__^

    salam kenal juga buat sdr masyi…

  12. thika permalink
    7 April, 2009 15:22

    wah seru bgt ceritanya,,,,ada saman ui,,,,,

    makasih thika udah berkunjung ke blog saman🙂

  13. Yed Imran permalink
    8 May, 2009 07:43

    Alhamdulillah…. Tanpa disadari eksistensi orhganisasi aneuk2 Aceh di luar nanggroe, khususnya di UI masih tetap ada.
    Kalau tidak salah dulu dipenghujung abad ke-20, mahasiswa Aceh UI pun pernah membuat organisasi serupa (Henry FT ’96 sebagai pucuk pimpinannya, namun memang masih terbilang dalam hitungan jari tangan.
    Organisasi ini semakin samar ketika semakin sedikit keanggotaannya dan kesibukan masing2 dalam menghadapi ujian skripsi.
    Semoga SAMAN UI tetap eksis hingga selamanya dan terima kasih atas situs ini sebagai penyambung informasi.

    Salam,
    FS ’95 & FH’99 + Penghuni Pelopor Asrama UI

    • 26 November, 2009 19:54

      terima kasih para pelopor, tanpa adun2 kami tidak bisa apa😀

  14. FrNk.. permalink
    8 May, 2009 16:18

    Alhamdulillah.. Ternyata Anggota SAMAN UI makin bertambah banyak ya..!!
    Semoga SAMAN UI ttp kkompak & trs tingkatkan Citra Eksistensinya baik dlm lingkup UI maupun Msyrkt Aceh pd umumnya. Amieen……..

    Saleum,
    FT’01

  15. 8 May, 2009 16:44

    Wah, selamat datang nih parah endatu di Blog SAMAN UI🙂

  16. Ibal permalink
    26 November, 2009 10:12

    kami para anggota muda FT FE FK FISIP FKG 2009
    SIAP MAJU KEBARISAN DEPAN dalam berkontribusi lebih di SAMAN UI.

    KAMI menyatakan SIAP.

    Saleum aneuk nanggroe!!!

    iqbal. FT’09

  17. Ibal bege permalink
    26 November, 2009 10:16

    Kami para anggota muda FK FT FISIP FE FKG FASILKOM angkatan 2009,
    SIAP MAJU KE BARISAN DEPAN dalam berkontribusi lebih di SAMAN UI

    KAMI menyatakan SIAP!!!

    saleum aneuk nanggroe!!

    Iqbal. FT’09 (industri 09)

    • 26 November, 2009 19:53

      standing applaus buat barisan muda nyakMAN >>>

  18. 16 June, 2010 09:59

    assalamualaikum aduen – aduen……………….
    peu haba rakan -rakan inan,semoga selalu dalam lindungan ALLAH
    Amiiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeeeeeeeeenn……………..
    oya kenal kan nyoe jufni,aneu nanggroe yang kuliyah di banda aceh
    rencana pengen ngelanjut ke S2 tp blum da jaringan ne,bantu in donk…………!!!!!!!!!!!

    • 16 June, 2010 13:20

      wa’alaikumsalam
      saleum meuturi jufni🙂

      sering-sering main saja ke FB SAMAN UI, semoga disana bisa lebih akrab dengan sesama aneuk nanggroe🙂

  19. 12 January, 2011 10:00

    Saleum sejahtra keu ban mandum syehdara yang na di UI,
    Kami mahasiswa Politeknik Aceh Angkatan 1 jurusan Dlll -T. Mekatronika,
    mau minta arahan / petunjuk abg2 yang ada di UI,
    klu kami mau ngelanjutin s1 di UI bagaimana caranya..?

    dan Peukeuh UI na dibuka program lanjutin dari Dlll ke s1..

    Terimong geunaseh atas Infonya…
    🙂

    • 17 January, 2011 19:33

      info untuk mahasiswa DIII jeut rakan buka bak http://penerimaan.ui.ac.id🙂

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: