Skip to content

SAMAN UI Fasilitasi Calon Mahasiswa Baru untuk Verifikasi Rapor

27 March, 2019

Terkait pemberitaan calon mahasiswa baru (camaba) Universitas Indonesia (UI) asal Kutacane, Aceh Tenggara yang beberapa waktu lalu kesulitan untuk melakukan verifikasi rapor karena diterima di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019, yakni saudari Ayu Sapitiri, siswa SMAN 1 Kutacane, Ketua SAMAN UI 2019 Jerry bersama anggotanya telah melakukan advokasi bagi siswa-siswi Aceh yang mengalami kesulitan.

Hal tersebut dikonfirmasinya, Selasa (26/3/2019) lewat salah satu bidang advokasi SAMAN UI Jeumpa mahasiswi FIK UI yang menghubungi langsung pihak kemahasiswaan.

“Benar, kemarin saudari Jeumpa telah mengkomunikasi hal tersebut ke pihak kemahasiswaan UI yang menangani penerimaan mahasiswa baru di UI,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Jerry, pihak kampus melalui bidang kemahasiswaan yang menangani penerimaan mahasiswa baru UI telah memberikan keringanan bagi camaba untuk dapat mengirimkan berkas berupa rapor saja tanpa harus datang ke Balairung untuk melakukan verifikasi secara manual.

“Dari hasil komunikasi ke Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Rosmalita, telah diberikan kebijakan bagi camaba Aceh untuk dapat mengirimkan hasil scan rapor saja jika terkendala untuk datang langsung, terlebih mereka yang juga mendapatkan beasiswa BIDIKMISI,” ungkapnya.

Selain Ayu Sapitiri yang diterima di Farmasi lewat SNMPTN di UI, SAMAN UI juga telah memfasilitasi camaba lainnya asal Aceh, yakni Yulia Rahmawati yang diterima di FIK UI serta Muhammad Anna Aulia yang diterima di Ilmu Komunikasi.

“Saat ini pendataan kita ketiga camaba ini memang mengalami kesulitan untuk melakukan verifikasi rapor secara fisik, jadi sementara ini sudah kita bantu advokasi langsung dan mereka diberi keringan. Kebijakan tersebut diberikan khusus untuk penerima beasiswa BIDIKMISI dan informasi resmi via akun SAMABA juga memberitahukan ke email masing-masing calon penerima BIDIKMISI,” kata Jerry seperti mengutip pernyataan resmi dari pihak Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa UI.

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.