Skip to content

Penemuan Minyak Terbesar Di Dunia

12 February, 2008

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang melakukan survei geologi dan geofisika kelautan menemukan cadangan migas yang amat besar perairan timur laut Pulau Simeulue, Aceh. Bahkan diperkirakan yang terbesar didunia, yakni 320,79 miliar barel.

Meski volume tersebut, menurut Kepala BPPT Said Jenie, baru mempresentasikan ruang dalam batuan (tanki) yang belum tentu seluruhnya diisi oleh hidrokarbon, namun melihat berbagai indikasi yang berasosiasi dengan hadirnya migas, ia mengaku cukup optimistis.

“Memang penelitian masih perlu ditindaklanjuti. Tapi, jika memang terbukti benar, kita bisa bayangkan penerimaan negara yang tak terkira jumlahnya dari penemuan ini,” ujarnya di Jakarta, Senin (11/2).

Ia menjelaskan, temuan yang didapati didaerah cekungan busur muka setelah melakukan survei seismik di perairan barat Aceh dalam kedalam 500-800 meter dari dasar laut yang mempunyai kedalam 1.100 meter, mendapati perkiraan volume cadangan antara 17,1-10 miliar kubik.

“Bila diketahui 1 meter kubik cadangan 6,29 barel, volume total minimumnya adalah 107,5 miliar barel dan volume maksimum 320,79 miliar barel,” jelasnya.

Menurut Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi BPPT Yusuf Surahman, penemuan cadangan migas tersebut ditemukan pada porositas 30%. Porositas adalah potensi batuan mengikat minyak.

Biasanya, kata dia, dari potensi cadangan tersebut, kandungan minyaknya hanya 15%. “Dengan demikian, cadangan minyaknya diperkirakan bisa sampai 53 miliar barel,” ungkapnya.

Said menambahkan, penemuan ini sudah dilaporkan kepada Presiden untuk ditindaklanjuti. Sejauh ini, kata dia, sudah ada penawaran untuk melakukan studi lanjutan dari PT Pertamina (persero).

“Namun, hingga saat ini belum ada tanggapan dari Dirjen Migas Departemen ESDM,” kata Said.

Pengamat perminyakan dari Exploration Think Thank Indonesia Andang Bachtiar menyatakan, setidaknya memerlukan waktu tiga tahun untuk membuktikan cadangan minyak ini. “Untuk biaya seismik ini saya perkirakan bisa US$5 juta-10 juta,” ujarnya.

Apabila, cadangan minyak di Aceh barat ini memang terbukti, maka dapat dikatakan cadangan ini yang terbesar di dunia. Sebagai perbandingan, jumlah cadangan terbukti untuk Arab Saudi sebesar 264,21 miliar barel dan jumlah cadangan untuk lapangan Banyu Urip, Cepu adalah sekitar 450 juta barel.

Lapangan migas dapat dikategorikan sebagai lapangan raksasa apabila volume cadangan terhitung mencapai 500 juta barel.[Eva/OL-03]

15 Comments leave one →
  1. heikhal permalink
    14 February, 2008 18:29

    tapreh lhee thon teuk ilee, peu beutoi peu kon…
    meunyo beutoi ka keuh hai, maken han lheueh le Aceh…

    cuma syok teuh, dalam watee bak ji check2nya na korupsi meu 1 T, minyeuk tan meurumpok, anggaran negara abeh ubena… syok teuh, sabab nyoe indonesia…
    adak jeut bek jicheck le awak indonesia, awak gob mantong, han rhat ate tueh meunyo indonesia nyoe…

  2. Taufiq permalink
    15 February, 2008 09:45

    Kalau kabar ini benar, mak sepantasnya kita mengucap syukur pada Allah SWT.

    Namun, penemuan ini jangan sampai menjadi masalah baru, mengingat lokasi penemuan berada di daerah selatan aceh yang kini masih dilanda polemik pemekaran wilayah dan juga dekat dengan perbatasan sumatera utara.

    Dikhawatirkan penemuan lapangan minyak ini memicu kembali isu pemekaran wilayah yang akan membuat aceh terpecah belah.

    Sedangkan menurut survey dari kompas tanggal 12 februari lalu(kalau tidak slh) menunjukkan pemekaran wilayah kebanyakan belum membawa dampak signifikan bagi peningkatan pelayanan publik dan dan kesejahteraan masyarakat. Jadi, jangan sampai pemekaran wilayah ini hanya menguntungkan segelintir elit politik saja.

    mari usung kembali semangat “damai dalam satu aceh”

    ~salam

  3. ramol permalink
    16 February, 2008 20:35

    yah…… negara kita emang kaya bagat akan sumber daya alam. tapi itu tidak ada gunanya apabila para pemimpin kita adalah orang – orang goblok, tolol, yang tidak punya otak dan bgi gue mereka semua lebih mulia dari pada binatang. hhhmmmmm.

    yah agak ironis memang apabila di bandingkan dengan negara tetangga kita yang wilayahnya kecil tapi makmur.

    maaf ya gua agak emosi bangat melihat negara segede ini tapi masih morat-marit, negara yang kaya akan sumber daya alam tapi miskin akan sumber daya manusia.

    inilah negara yang penuh dengan kemunafikan dimana segala sesuatunya selalu di kait-kaitkan degan agama.

  4. 18 February, 2008 11:58

    Ass. nyang phon ile tanyoe bersyukur that ke Hadirat ALLAH nyang ka geubri mandumnyoe
    minyeuk yang ka itume jinoe adak jeut jikeulola beuget bek pesengsara rakyat u be yang kaka

    wa’alaikumsalam, nyan kapasti that dile nyan phon. Nyan kedua nyan hom hai….

    • reza permalink
      18 September, 2010 14:07

      ta keu lola le tanyoe mantong kiban hai rakan??? ;D

  5. fadli permalink
    7 May, 2008 12:55

    Ass,saya sangat bangga dengan adanya informasi ini apalagi saya sebagai masyarakat asli pulau simeulue,mudah-mudan dengan adanya penemuan ini dari pihak yang berwewenang menelusuri dan memberi solusi yang terbaik karena ini merupakan aset yang sangat besar,apalagi pulau ini memang sudah selayaknya untuk menjadi kebanggaan dari pulau-pulau lainnya indonesia,sepeti kejadian stunami tahun 2004 lalu menjadikan suatu berkah atas selamatnya dari terjangan air laut atau sering disebut masyarakat disana yaitu smong.

    berbagai informasipun sekarang sudah berkembang,prasarana,dan terutama kaya dengan hasil alam,panorama laut yang nan indah telah kita lihat bersama.hal ini pemerintah harus serius menanggapi dan jangan dianggap remeh,pemerintah harus tegas.

  6. 7 May, 2008 14:55

    > Fadli
    Wa’alaikumsalam, semoga Simeulu bisa membuktikan diri ke dunia Internasional, tidah hanya lokal melainkan luar negeri bisa membantu.

  7. REPHARMAN permalink
    1 July, 2008 12:06

    Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, jika memang ternyata ada ladang minyak yang terbesar di pulau semuelue aceh,,ini suatu kabar gembira buat anak cucu kita sebagai bangsa yang kaya raya. semoga jaya dan makmur Indonesia kedepan.

  8. bakhtiar yatsin permalink
    30 July, 2008 20:30

    itu merupakan suatu temuan peneliytian yang perlu segera di tindak lanjuti kebenarannnya, kalo memang itu benar maka perlu diperhatikan berbagai pertimbangan dalam melakukan eskplorasi terutama aspek lingkungan , pemerintah daerah harus mempunyai peran dalam mengelola denngan merekrut tenaga kerja lokal supaya tidak terjadi kesenjangan sosial

  9. 5 September, 2009 20:16

    wah wh wah klw aj smber migas itu bner bner ada bisa kaya abieez negara kita ……… and pasti ada ajaminan rakyat miskin dilarang tinggal di indonesia alias warganya bisa kaya smua ak doaain moga2 ada tu smber minyak di aceh . bayu syahrial smansa bunda …………pangkalan balai

  10. alvin permalink
    1 February, 2012 11:06

    haallaaahh….klo bener,,paling2 yg ngelola orang luar lg….atw nantinya jg aceh dibikin lepas dari indonesia,,n di jajah ky timor-timur yg trnyata ladang uranium….lihat betapa bodohnya negara ini

  11. mohamad zah roni permalink
    16 April, 2013 17:54

    bisa menjadi kaya dan maju negara ini….klau btl memang ada….

  12. 27 May, 2013 08:58

    alhandulillah……alhamdulillah………alhamdulillah hirabbil a’laminnnnnn…………semoga ini menjadi berkah buat kt semua aminnnnnnnnnnnnnn……………………………………

  13. garda permalink
    19 January, 2015 11:11

    ada sumber beritanya gak ya? seperti link atau snapshot release media yang menjadi bukti bahwa ini berita resmi, dan kebenaran informasinya bisa dipertanggung jawabkan

  14. lepong2007 permalink
    27 August, 2015 22:08

    Syukur Allamdulillah..Atas rahmadNya..Memang SDA aceh sangat lah besar Tapi SDM sangat lah kurang,,Adaikan semua hasil alam di bumi aceh dapat di Eksploitasi sendiri oleh putra daerah itu baru bisa kita banggakan,,bayangkan dengan segala hasil bumi aceh yang ada pas sejengkal di bawah kaki kita harus orang lain yang ambil…Turmizi ( kab pidie)

Tinggalkan komentar Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.