Skip to content

Memori Seleb ‘Kampus Kuning’

28 July, 2008

Artis Alumni UI

Lumayan banyak ternyata artis Indonesia yang punya kaitan erat dengan Universitas Indonesia (UI). Bukan lantaran mereka syuting di kampus, tapi justru ‘Kampus Kuning’ rajin memproduksi artis.

Sebagai salah satu perguruan tinggi terdepan di Tanah Air, UI tak pernah berhenti menunjukkan kepeduliannya kepda para alumni. Salah satunya, mereka menggelar reuni akbar ‘Homecoming Day UI 2008‘, Sabtu (26/7) dan Minggu (27/7) di Kampus UI, Depok.

Yang menarik, di antara alumni itu tampak sederet artis nasional. Mereka ternyata alumni UI juga. Dan, sebagai alumni, tentu para selebritis itu punya cerita masa lalu selama menimba ilmu di ‘Kampus Kuning’.

Sebutlah model dan presenter kondang Aline Tumbuan, penyanyi Tere, dan Once sang vokalis grup musik Dewa.

Once, misalnya. Mahasiswa fakultas hukum UI angkatan 1989 ini mengaku jatuh bangun membentuk grup musik selama kuliah. “Selama kuliah di UI, saya punya banyak band. Tapi, selalu nggak percaya diri sehingga setiap acara ganti nama terus. Namanya pun aneh-aneh. Pernah malah pakai nama Dipecat Band,” kata pelantun lagu Selimut Hati ini.

Lain lagi cerita Aline. Menurutnya, selama kuliah di UI, ia merasakan betul naik dan turunnya kehidupan. Alumnus D3 Broadcasting ini mengatakan, ketika belum berjaya di pentas modeling, ia selalu berusaha berhemat saat kuliah.

“Kalau lagi ada uang, aku belanja di kantin yang mewah. Kalau kantong lagi tipis, aku makan di kantin yang deket-deket pohon,” tutur Aline.

Sementara presenter Ivy Batuta mengaku proses pembuatan skripsi adalah kenangan yang sulit dilupakan. Kerja sambil kuliah membuatnya tak pernah berpikir soal lulus atau tidak.

“Susah banget lulusnya. Aku akhirnya bilang ke dosen kenapa aku telat terus membuat skripsi. Akhirnya, dosenku mau juga mengerti,” ucap Ivy.

Untuk reuni akbar di UI Depok, mereka mengaku siap memberikan yang terbaik. Selain bisa berkontribusi kepada kampus, mereka juga sudah lama ingin kembali ke UI.

“Saya paling senang dengan reuni akbar macam ini. Saya jadi bisa mengenang masa-masa lalu,” kata Once.

Bagi UI sendiri, reuni ini termasuk bersejarah. Maklum, inilah reuni akbar pertama yang pernah mereka selenggarakan.

Reuni akbar UI bertema ‘Bersatu, Beraksi’ sebagai ungkapan terima kasih almamater atas karya dan pengabdian para alumni UI bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Acara ‘Homecoming Day UI 2008’ resmi dibuka Rektor UI Gumilar R Soemantri. Ketua Panitia Arie Susilo, Sabtu (26/7), tampil di acara talkshow ‘Krisis Energi di Depan Mata: Mencari Solusi Menghadapi Krisis Energi’.

Reuni akbar dipusatkan di UI Depok dan dihadiri 10.000 lebih alumni. Acaranya terdiri atas talk show, tembang kenangan, dan pencanangan Green Campus yang ditandai peluncuran jalur sepeda.

Peresmian jalur sepeda UI dilakukan Menteri Negara BUMN yang juga menjabat sebagai Ketua ILUNI Pusat, Ketua MK Jimmly Asshiddiqie, dan Rektor UI, Minggu (27/7) di kampus UI Depok.

Dari kalangan alumni yang kini berprofesi sebagai artis, selain Once, Aline, dan Ivy Batuta, hadir pula PSP dan Khaseiro (angkatan 1970-an), Ikang Fawzi, Kepra (1980-an), Nugie, Tere (1990-an), Ivy Batuta, Aline Tumbuan, Once, dan Andien (2000-an).

Keberadaan artis-artis ternama itu sekaligus membuktikan bahwa UI bukan hanya melahirkan kaum cendikiawan, tapi juga tak henti memperkaya khasanah seni budaya Indonesia.[inilah.com]

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: